Penyidikan Kasus Korupsi PT Timah Tbk: Lima Orang Saksi Diperiksa oleh Tim Jaksa

Kejaksaan Agung telah mengambil langkah tegas dalam menangani dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Sebanyak lima smelter telah disita oleh Kejaksaan Agung dalam penyelidikan ini. Menurut Ketut Sumedana, Kapuspenkum Kejaksaan Agung, penyitaan dilakukan terhadap empat smelter beserta tanahnya yang terindikasi terlibat dalam tindak pidana korupsi terkait Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk dari tahun 2015 hingga 2022. Sabtu (11/5/2024).  "Empat smelter beserta tanahnya yang berhasil disita adalah Smelter CV.VIP, Smelter PT.SIP, Smelter PT. TI, dan Smelter PT.SBS," ungkap Sumedana dalam keterangan pers beberapa waktu lalu.
Foto: Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana

Kejaksaan Agung Lakukan Pemeriksaan Terhadap 5 Saksi Terkait Kasus Korupsi Komoditas Timah

KBO-BABEL.COM (Jakarta) – Kejaksaan Agung melalui Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) telah melakukan pemeriksaan terhadap lima orang saksi terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk dari tahun 2015 hingga 2022. Selasa (30/4/2024)

Pemeriksaan yang dilakukan pada Senin, 29 April 2024, bertujuan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara tersebut. Kelima saksi yang diperiksa adalah:

Bacaan Lainnya
  1. MRZ – Direktur CV Semar Jaya Perkasa
  2. ARM – Kepala Teknik Tambang PT Menara Cipta Mulia
  3. SYN – Kuasa Direktur CV Mega Belitung
  4. YF – Karyawan CV Mutiara Alam Lestari
  5. YS alias YGW – Pihak Swasta

Keterangan dari sumber terpercaya di Kejaksaan Agung menyebutkan bahwa pemeriksaan terhadap para saksi ini terkait dengan penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan dalam pengelolaan komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk. Penyidikan ini mencakup periode dari tahun 2015 hingga 2022 dan melibatkan sejumlah pihak terkait.

Pemeriksaan terhadap para saksi tersebut menjadi bagian integral dari proses penyidikan yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung. Langkah ini diambil guna mengumpulkan bukti yang cukup serta melengkapi dokumen-dokumen yang menjadi dasar dalam mengungkap dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi dalam pengelolaan komoditas timah di PT Timah Tbk.

Dalam perkembangan terkait, Kejaksaan Agung belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai hasil dari pemeriksaan tersebut. Namun, mereka menegaskan komitmen untuk mengusut tuntas kasus ini serta memastikan keadilan bagi seluruh pihak yang terlibat.

Kasus ini mencuat ke permukaan publik karena melibatkan perusahaan besar di Indonesia, PT Timah Tbk, yang merupakan salah satu perusahaan pertambangan timah terbesar di dunia.

Dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi dalam pengelolaan komoditas timah memunculkan kekhawatiran akan praktek korupsi yang merugikan negara serta dampaknya terhadap industri pertambangan nasional.

Dalam rangka menciptakan tata kelola perusahaan yang baik dan menjaga integritas industri pertambangan, Kejaksaan Agung diharapkan dapat memberikan kejelasan serta tindak lanjut yang tepat terhadap kasus ini.

Publik juga menantikan transparansi dalam proses hukum yang sedang berlangsung serta harapan akan adanya penegakan hukum yang berkeadilan dan tidak diskriminatif. (Sumber: Kapuspenkum Kejagung Jaksel, Editor: KBO-Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *