Lusje Tabalujan dan Safrizal Zakaria Ali Pantau Pemilu: Konstelasi Politik Bangka Belitung Lancar

Pemilihan Umum Kota Pangkalpinang Berlangsung Kondusif: Masyarakat Antusias, Pj Wali Kota Apresiasi Budaya Melayu

KBOBABEL.COM (Pangkalpinang) – Pemilihan Umum (Pemilu) di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, berlangsung kondusif dan penuh antusiasme. Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan, bersama Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali, serta Forkopimda Bangka Belitung dan Kota Pangkalpinang, turut memantau jalannya pemungutan suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kamis (15/2/2024).

Di TPS 005 dan 006, Kelurahan Bukit Merapin, Kecamatan Gerunggang, masyarakat telah berdatangan sejak pagi hari untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024. Safrizal Zakaria Ali menyatakan bahwa konstelasi politik di Bangka Belitung berjalan lancar. Meskipun ada kekurangan, KPU Provinsi Babel telah menanganinya secara teknis.

Bacaan Lainnya

“Sejak pagi tadi kita lihat pemungutan suara ini sudah berlangsung dan secara general berlangsung aman dan lancar,” kata Safrizal.

Lusje Anneke Tabalujan, setelah menggunakan hak pilihnya di TPS 6 Kelurahan Batin Tikal, Kecamatan Tamansari, memantau TPS bersama Safrizal dan jajaran Forkopimda.

Dia mengapresiasi TPS 005 Kelurahan Bukit Merapin yang menghias lokasi pemungutan suara dengan aksesoris adat Melayu, serta petugas yang mengenakan baju kurung Melayu khas Bangka Belitung.

“Ini mencirikan kita sebagai Kota Pangkalpinang dengan budaya Melayunya. Sangat luar biasa. Kalau dimasukkan di media sosial dan dilihat banyak orang, orang akan tahu Pangkalpinang itu dengan budaya Melayunya,” kata Lusje.

Menurut Lusje, pemungutan suara berlangsung kondusif, dengan 70 persen masyarakat sudah datang di TPS yang dikunjunginya pada pukul 11.00 WIB.

“Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan kalau siang ini kita lihat semua berjalan kondusif. Kita harap sampai perhitungan suara juga lancar,” ucapnya.

Dia juga berharap siapapun yang terpilih nanti adalah yang terbaik, dan masyarakat harus legowo dengan hasil tersebut.

“Harus legowo dengan yang terpilih. Kalau pun pilihannya belum terpilih juga harus legowo, boleh saja kecewa tapi tidak usah lama-lama,” harapnya.

Pantauan dari berbagai TPS di Kota Pangkalpinang menunjukkan antusiasme masyarakat yang tinggi dalam menggunakan hak pilihnya. Suasana berlangsung damai dan tertib, dengan petugas TPS yang sigap dalam membantu pemilih.

Pemantauan dari berbagai pihak, termasuk dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan aparat keamanan, juga turut memastikan jalannya Pemilu berjalan sesuai aturan dan aman dari gangguan.

Kota Pangkalpinang berhasil menciptakan atmosfer Pemilu yang berkesan, dengan menonjolkan kekayaan budaya Melayu dalam penyelenggaraan pemungutan suara. Semoga, hasil Pemilu ini dapat mencerminkan aspirasi masyarakat yang diwakili oleh para pemilih, dan terpilihlah pemimpin yang mampu membawa kemajuan bagi Kota Pangkalpinang. (Redaksi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *