Suasana Pemilu di Bangka Belitung: Kreativitas dan Kehangatan Adat Melayu Menghiasi TPS

Foto : Pj Gubernur Bnagka Belitung dan Pj Walikota Pangkalpinang Mengunjungi TPS 005, Kel. Bukit Merapin.

Pj Gubernur Bangka Belitung Apresiasi Dekorasi Artistik dalam Pemilu: ‘Santai dan Enjoy!

KBOBABEL.COM (Pangkalpinang) – Penjabat Gubernur Bangka Belitung, Safrizal ZA, menunjukkan kekagumannya terhadap suasana Pemilihan Umum di provinsi tersebut. Safrizal, yang juga merupakan Pj Wali Kota Pangkalpinang, melaksanakan tugasnya dengan mengawasi dan memantau jalannya pemungutan suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bangka Belitung. Kamis (15/2/2024).

Pada saat tiba di TPS 17 Air Itam, Safrizal disambut dengan tarian dan musik khas adat Melayu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Belitung dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Bersama dengan Forkopimda, Safrizal langsung meninjau pelaksanaan pencoblosan di TPS tersebut.

Safrizal memberikan apresiasi terhadap dekorasi yang artistik dan bernuansa adat Melayu di TPS 005 dan 006 Kelurahan Bukit Merapin. Menurutnya, suasana yang santai, kreatif, dan penuh kegembiraan sangat diinginkan dalam proses Pemilu.

Ia juga mencatat bahwa di beberapa lokasi terdapat kendala teknis, namun KPU telah berhasil mengatasinya dengan baik.

Foto : TPS 005 Kel. Bukit Merapin Usung Tema Kampung Melayu

“Alhamdulillah, sampai siang 10.30 setiap TPS sudah berjalan 50 persen proses. Kita berharap semuanya lancar, tidak ada kendala apapun,” ujar Safrizal.

Pada kesempatan tersebut, Safrizal juga mengungkapkan harapannya agar proses Pemilu di Bangka Belitung berjalan lancar dan kondusif.

Ia menekankan pentingnya kerja sama antara KPU, Bawaslu, Forkopimda, dan seluruh pihak terkait untuk memastikan keberhasilan Pemilu.

Ketua KPU Bangka Belitung, Dwi Septiawati, menyambut baik apresiasi yang diberikan oleh Safrizal.

Menurutnya, kerja sama yang baik antara KPU, Bawaslu, Forkopimda, dan pihak terkait lainnya telah menjadikan proses Pemilu di Bangka Belitung berjalan dengan lancar.

“Kami berharap, dengan kerja sama yang solid ini, Pemilu di Bangka Belitung dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar hingga selesai,” ujar Dwi Septiawati.

Pemilu di Bangka Belitung tahun ini juga diwarnai dengan kreativitas dalam penyelenggaraan. Selain dekorasi yang artistik, beberapa TPS juga menampilkan kreativitas dalam menyajikan suasana yang berbeda.

Ada yang mengusung tema pernikahan, sehingga menambah keceriaan dalam proses Pemilu.

Kreativitas dalam penyelenggaraan Pemilu di Bangka Belitung menjadi contoh bagi daerah lain. Diharapkan, suasana yang santai, kreatif, dan penuh kegembiraan ini dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih aktif dalam berpartisipasi dalam Pemilu, sehingga tercipta proses demokrasi yang lebih berkualitas dan berdaya guna. (Sumber : Bangka Pos, Editor : KBO Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *