Pelantikan Pejabat Eselon II dan III Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung: Komitmen Netralitas Menyongsong Pemilu 2024

KBO-BABEL.COM – Pangkalpinang, (Bangka Belitung) – Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung (Kejati Kep. Bangka Belitung) melaksanakan upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan untuk pejabat eselon II dan III pada Kamis, 02 November 2023. Acara berlangsung di Aula Wicaksana Kejati Kep. Bangka Belitung dan dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung, Asep Maryono, S.H. Kamis (2/11/2023).

Dalam upacara tersebut, sejumlah pejabat eselon II dan III resmi dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan, menandai langkah baru dalam pengabdian mereka di Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung. Berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia, sejumlah pejabat eselon II dan III di Kejati Kep. Bangka Belitung mendapatkan promosi dan mutasi jabatan, yang melibatkan para jaksa yang memiliki rekam jejak yang cemerlang dalam berdinas.

Bacaan Lainnya

Pejabat eselon II yang diambil sumpah jabatannya adalah Bapak Dr. Sugeng Riyanta, S.H., M.H., yang kini menjabat sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung. Sebelumnya, Bapak Dr. Sugeng Riyanta menjabat sebagai Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Sementara itu, pejabat eselon III yang dilantik dalam acara tersebut meliputi beberapa nama, yaitu:

1. Rita Susanti, S.H., M.H., yang kini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur di Manggar. Beliau sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan di Palembang.

2. Dahnir, S.H., M.H., yang kini menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkal Pinang. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Kepala Seksi Tata Usaha Negara pada Asdatun Kejaksaan Tinggi Aceh di Banda Aceh.

3. Hendri Yanto, S.H., M.H., yang kini menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkal Pinang. Beliau sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Tindak Pidana Narkotika dan Zat Adiktif Lainnya pada Aspidum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara di Medan.

4. Bayu Sugiri, S.H., yang kini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Barat di Muntok. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai di Ruteng.

Dalam pidato pelantikan, Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung, Bapak Asep Maryono, S.H., menggarisbawahi beberapa hal penting yang perlu menjadi fokus para pejabat yang baru dilantik. Salah satu di antaranya adalah netralitas dalam perhelatan pemilu. Kejaksaan Tinggi Kep. Bangka Belitung memiliki sikap yang tegas untuk berlaku netral dalam menjalankan tugasnya.

Selaras dengan perintah Jaksa Agung Republik Indonesia, para pejabat Kejaksaan diharapkan untuk menjaga netralitas personil dalam menyongsong Pemilu Serentak 2024. Kejaksaan memiliki peran strategis dalam mensukseskan pemilu tersebut, dan Kejaksaan Tinggi Kep. Bangka Belitung juga memiliki tugas khusus dalam mengawasi kontestasi politik yang akan datang.

Kepala Kejaksaan Tinggi juga menekankan pentingnya memitigasi masalah dan permasalahan yang mungkin muncul dalam kontestasi politik, sebelum masalah tersebut mencapai permukaan dan menjadi permasalahan yang lebih besar.

Sebagai penutup pidato, Bapak Asep Maryono, S.H., mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pejabat yang telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya serta mengemban jabatan baru. Dia berharap agar para pejabat yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik, menghindari penyalahgunaan wewenang dan jabatan, serta tetap diberikan kesehatan oleh Allah.

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat eselon II dan III ini adalah langkah yang penting dalam memastikan bahwa Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung memiliki pimpinan dan pejabat yang kompeten untuk menjalankan tugas-tugasnya dalam mengayomi hukum dan keadilan di wilayah hukumnya. Dengan pengalaman dan dedikasi para pejabat yang baru dilantik, diharapkan Kejaksaan Tinggi Kep. Bangka Belitung dapat terus berkontribusi positif dalam menjaga stabilitas hukum dan memberikan pelayanan hukum yang berkualitas kepada masyarakat. (Sumber : Kasipenkum Kejati Babel Basuki Raharjo SH MH, Editor : KBO Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *