Gunakan PSC 119, Dokter Hakim Bantu Penanganan Ibu Asni dengan Layanan yang Dibuat Saat Masih Menjabat Kadinkes

Foto: Dokter Hakim, mengunjungi Ibu Asni, seorang lansia berusia 84 tahun yang sedang terbaring lemah akibat penyakit stroke

Bantu Ibu Asni, Dokter Hakim Manfaatkan Layanan PSC 119 yang Dirintis Saat Menjabat Kadinkes

KBO-BABEL.COM (PANGKALPINANG) – Mantan Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang, Dokter Hakim, menunjukkan kepeduliannya terhadap warga dengan mengunjungi Ibu Asni, seorang lansia berusia 84 tahun yang sedang terbaring lemah akibat penyakit stroke. Kunjungan tersebut dilakukan pada Kamis malam, 24 Oktober 2024, di kediaman Ibu Asni yang berlokasi di Jalan Belido, Kelurahan Gabek II, Kecamatan Gabek. Jumat (25/10/2024)

Didampingi sang istri, Tarmila, Dokter Hakim tidak hanya datang untuk menjenguk, tetapi juga memastikan Ibu Asni mendapat penanganan medis yang cepat dan memadai.

Bacaan Lainnya

Tanpa menunda waktu, ia langsung menghubungi layanan Public Safety Center (PSC) 119 milik Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, sebuah layanan darurat yang dapat diakses oleh warga yang membutuhkan bantuan medis mendesak.

Program PSC 119 sendiri merupakan inovasi dari Dokter Hakim yang digagasnya saat menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang. Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan darurat bagi masyarakat dengan respons cepat. Sebagai pusat layanan terpadu, PSC 119 hadir untuk memastikan warga mendapatkan bantuan medis kapan pun dibutuhkan.

“Layanan ini bisa dihubungi oleh siapa pun warga kota Pangkalpinang yang membutuhkan layanan kesehatan bersifat darurat,” jelas Dokter Hakim saat itu.

Tak berselang lama setelah panggilan dilakukan, tim PSC 119 tiba di lokasi hanya dalam waktu 15 menit. Tim yang dipimpin oleh Dokter Vidi segera memberikan penanganan medis awal kepada Ibu Asni yang saat itu masih dalam kondisi lemah.

Setelah melakukan pemeriksaan, Dokter Vidi memberikan arahan kepada keluarga terkait perawatan dan tindakan yang harus dilakukan jika kondisi Ibu Asni kembali menurun.

“Pasien masih cukup dirawat jalan saja. Keluarga cukup langsung menghubungi kami jika Ibu ini butuh penanganan, kami pasti langsung datang,” kata Dokter Vidi kepada pihak keluarga.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa tim PSC 119 selalu siaga 24 jam untuk memberikan bantuan medis darurat dengan dukungan fasilitas kesehatan yang lengkap. Layanan ini menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan penanganan cepat dalam kondisi mendesak, terutama bagi lansia seperti Ibu Asni.

Dalam kesempatan yang sama, putri Ibu Asni yang turut mendampingi ibunya saat penanganan medis, mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada Dokter Hakim.

Ia merasa tersentuh atas kepedulian yang ditunjukkan oleh dokter yang belum lama ini mengundurkan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) itu.

“Terima kasih Pak Hakim,” ucapnya dengan nada haru.

Dokter Hakim berharap layanan PSC 119 dapat terus berjalan dan membantu masyarakat Pangkalpinang yang membutuhkan bantuan medis darurat.

“Harapan saya, PSC 119 tetap menjadi layanan kesehatan darurat yang sigap dan responsif, demi memberikan pelayanan terbaik untuk warga,” ujarnya.

Kehadiran Dokter Hakim yang langsung memanfaatkan program PSC 119 dalam menangani kasus ini menjadi bukti nyata bahwa program tersebut memiliki peran penting dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Pangkalpinang.

Program ini terus memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis secara cepat dan efektif, sesuai dengan tujuan awal pembentukannya. (KBO-Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *