Dua Lembaga di Pangkalpinang Raih Penghargaan Pengutamaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

Foto: Dua Lembaga di Pangkalpinang Raih Penghargaan Pengutamaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

Apresiasi Pengutamaan Bahasa Indonesia: Diskominfo dan RS Kalbu Intan Medika Terima Penghargaan

KBO-BABEL.COM (Pangkalpinang) – Dua lembaga di Kota Pangkalpinang menerima penghargaan bergengsi terkait pengutamaan penggunaan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara dalam ruang publik. Penghargaan ini diserahkan dalam acara Evaluasi dan Apresiasi Pengutamaan Penggunaan Bahasa Negara pada Lembaga di Kota Pangkalpinang, yang dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintah Kota Pangkalpinang, Agusfendi, pada Jumat (25/10). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jumat (25/10/2024)

Dalam sambutannya, Agusfendi menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara ini, yang dinilainya sebagai implementasi positif dari program-program Kantor Bahasa Babel.

Bacaan Lainnya

Ia menekankan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di ruang publik masih sering diabaikan, sehingga perlu ada pendampingan dari para ahli dalam penerapan bahasa yang tepat.

Kegiatan ini juga berfungsi sebagai evaluasi atas pengutamaan Bahasa Negara pada tahun sebelumnya. Agusfendi menyebut evaluasi tersebut sebagai langkah koreksi untuk peningkatan ke depan dalam mengutamakan Bahasa Negara di berbagai instansi.

“Sangat penting sekali pengutamaan Bahasa Negara baik itu di instansi kita maupun di ruang publik. Jangan sampai tergerus dengan bahasa-bahasa gaul zaman sekarang,” ujar Agusfendi menambahkan.

Pada kesempatan tersebut, diumumkan bahwa dua lembaga di Pangkalpinang berhasil meraih predikat terbaik dalam pengutamaan Bahasa Indonesia, yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang dan Rumah Sakit Kalbu Intan Medika (KIM). Penghargaan ini diharapkan mendorong lembaga-lembaga lain untuk lebih aktif dalam menerapkan penggunaan Bahasa Negara.

“Ini menjadi langkah berikutnya agar terus melakukan penggunaan Bahasa Negara di tempat kerja dan ruang publik. Terutama di ruang publik usahakan lebih banyak menggunakan Bahasa Negara bukan bahasa asing,” imbuhnya.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Irsan, menyatakan bahwa kegiatan evaluasi dan apresiasi ini merupakan implementasi dari tiga program prioritas Kantor Bahasa Babel, salah satunya literasi kebahasaan dan kesastraan.

Irsan menyampaikan harapan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan lembaga-lembaga di Pangkalpinang.

“Dua lembaga di Pangkalpinang yang mendapat apresiasi hari ini diharapkan dapat menularkan praktik baik penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar ke lembaga-lembaga lain,” ungkap Irsan.

Irsan juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang atas dukungan yang selama ini diberikan dalam setiap kegiatan Kantor Bahasa Babel.

Ia berharap hasil dari kegiatan ini mendorong pemerintah daerah untuk menetapkan kawasan atau lembaga yang menjadi teladan dalam penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di Bangka Belitung.

Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak seluruh instansi di wilayah tersebut untuk turut serta menjaga Bahasa Indonesia sebagai identitas dan bahasa pemersatu bangsa di tengah gempuran bahasa asing. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *