Mau Kuliah Gratis? Inilah 4 Beasiswa yang Ditawarkan Universitas Terbuka

Foto: Gedung Universitas Terbuka

Ingin Kuliah Gratis di UT? Ini 4 Beasiswa yang Bisa Kamu Daftar Sekarang!

KBO-BABEL.COM (Jakarta) – Pendaftaran calon mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) masih dibuka hingga 7 Agustus 2024. Selain memiliki banyak cabang kampus, UT juga menawarkan berbagai beasiswa bagi mahasiswa baru. Beasiswa yang disediakan oleh UT berasal dari pemerintah maupun non-pemerintah, bahkan alumni UT juga turut memberikan beasiswa bagi mahasiswa baru.

Pada tahun 2022, UT telah menyalurkan beragam beasiswa kepada 11.473 mahasiswa, meningkat 16% dibandingkan dengan 2021 yang hanya 9.825 penerima. Berikut adalah beberapa jenis beasiswa yang disediakan UT bagi mahasiswa baru:

Bacaan Lainnya
  1. KIP Kuliah Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah) adalah bantuan dari pemerintah yang ditujukan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi. KIP Kuliah tersedia di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS), termasuk UT. Sebelumnya, bantuan ini dikenal dengan nama Bidikmisi. Dana yang diberikan meliputi pembebasan biaya uang kuliah tunggal (UKT) dan biaya hidup per bulan. Pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur mandiri PTS masih dibuka hingga 31 Oktober 2024. Mahasiswa yang ingin mendapatkan KIP Kuliah di UT bisa mendaftar pada saat registrasi kampus.
  2. Beasiswa CSR Beasiswa Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bantuan dari perusahaan bank mitra UT, seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Tabungan Negara (BTN). Penerima beasiswa ini akan mendapatkan pembebasan UKT dan dana untuk bahan ajar atau modul, namun tidak termasuk biaya hidup. Syarat untuk beasiswa CSR antara lain adalah calon mahasiswa UT harus masuk dalam 10 besar kelas saat SMA/sederajat, memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan surat keterangan tidak mampu ekonomi dari pemerintah kelurahan/desa.
  3. Beasiswa PPA Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) adalah bantuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang ditujukan kepada mahasiswa D3, D4, dan S1. Besaran beasiswa PPA adalah Rp 400 ribu per bulan, yang diberikan per semester atau setiap enam bulan sekali. Syarat penerima beasiswa PPA adalah mahasiswa harus berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang cukup bagus.
  4. Bantuan UKT Mahasiswa yang memiliki prestasi nonakademik di bidang olahraga atau seni bisa mencoba bantuan UKT ini. Mahasiswa yang berprestasi di tingkat nasional dapat mengajukan bantuan UKT. Juara 1 tingkat nasional akan mendapatkan pembebasan UKT selama tiga semester, juara 2 selama dua semester, dan juara 3 selama satu semester.

Cara Daftar Beasiswa di Universitas Terbuka

  1. Cari tahu syarat lengkap beasiswa yang ingin diikuti melalui laman UT atau melalui postingan media sosial UT.
  2. Siapkan berkas-berkas persyaratan yang diperlukan.
  3. Pendaftar KIP Kuliah dapat melakukan pendaftaran setelah mendaftar di jalur mandiri UT.
  4. Ketentuan daftar beasiswa setiap cabang UT berbeda, sehingga informasi lengkapnya harus ditanyakan langsung ke bagian kemahasiswaan UT daerah masing-masing.
  5. Pendaftar KIP Kuliah akan diverifikasi oleh UT pusat, kemudian hasilnya akan disampaikan kepada UT daerah.

Demikian informasi mengenai beasiswa yang disediakan Universitas Terbuka bagi mahasiswa baru. Jangan lewatkan kesempatan ini dan segera daftar!

(KBO-Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *