Optimalkan Pengelolaan Dana BLUD: Pemkab Bangka Barat Gandeng DJPB Bangka Belitung Beri Arahan

Foto: Optimalkan Pengelolaan Dana BLUD: Pemkab Bangka Barat Gandeng DJPB Bangka Belitung Beri Arahan

Pemkab Bangka Barat Gandeng DJPB Bangka Belitung Beri Arahan Terkait Pengelolaan Dana BLUD

KBO-BABEL.COM (Bangka Barat) – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menggelar sesi arahan yang penting terkait pengelolaan dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Kabupaten Bangka Barat. Rabu (12/6/2024)

Kegiatan ini berlangsung di OR I Setda Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, pada Selasa (11/6/2024), dan dihadiri oleh perwakilan dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, RSUD Sejiran Setason, hingga sejumlah Kepala Puskesmas.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edih Mulyadi, menyoroti dampak positif dari keberadaan BLUD.

Foto: Optimalkan Pengelolaan Dana BLUD: Pemkab Bangka Barat Gandeng DJPB Bangka Belitung Beri Arahan

“Dengan adanya Badan Layanan Umum dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan dalam mengelola suatu layanan maupun usaha. Oleh karena itu, guna mencapai kesuksesan perlunya mengelola pola pikir bagaimana memberikan pelayanan kesehatan yang baik serta mendapatkan penghasilan daerah yang positif,” ujar Edih Mulyadi.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, menegaskan pentingnya kegiatan pembekalan seperti ini karena pengelolaan BLUD harus mampu menyeimbangkan antara tuntutan kinerja keuangan daerah dengan kebutuhan layanan publik.

“Di sini kita mendapatkan pemahaman wawasan baru, mendalam, serta bimbingan teknis terkait pengelolaan BLUD. Ini adalah kesempatan bagi kita semua, terutama para pengelola, untuk meningkatkan BLUD di Bangka Barat,” ujar Bong Ming Ming.

Foto: Optimalkan Pengelolaan Dana BLUD: Pemkab Bangka Barat Gandeng DJPB Bangka Belitung Beri Arahan

Selain itu, Bong Ming Ming menambahkan bahwa pembekalan yang diberikan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan pedoman agar pelaksanaan pengelolaan BLUD di Bangka Barat berjalan dengan semestinya.

“Kita juga mendapatkan pemahaman lebih sehingga dapat berkontribusi lebih baik lagi. Kita juga harus memastikan pengelolaan BLUD ini dilakukan secara transparan, akuntabel, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutup Wakil Bupati Bangka Barat.

Pengelolaan BLUD di Bangka Barat menjadi fokus utama dalam pertemuan ini, dengan menekankan pentingnya keseimbangan antara efisiensi keuangan daerah dan penyediaan layanan publik yang berkualitas.

Melalui arahan yang diberikan oleh DJPb Bangka Belitung, diharapkan pengelola BLUD dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam serta pedoman yang jelas dalam menjalankan tugas mereka.

Adanya kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dan DJPb Bangka Belitung menjadi langkah positif dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan dana BLUD.

Dengan pemahaman yang lebih baik dan arahan yang terarah, diharapkan BLUD di Bangka Barat dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat serta berkontribusi positif terhadap penghasilan daerah. (KBO-Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *