Pemkab Bangka Barat Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 di Lapangan Atletik Sekretariat Daerah

Foto: Pemkab Bangka Barat Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 di Lapangan Atletik Sekretariat Daerah

Peringatan Hari Lahir Pancasila: Bangka Barar Tekankan Pancasila sebagai Perekat Persatuan dalam Menyongsong Indonesia Emas

KBO-BABEL.COM (Mentok) – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat sukses menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di lapangan Atletik Sekretariat Daerah Pemkab Bangka Barat pada hari Sabtu, 1 Juni 2024. Upacara ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Bangka Barat, Muhammad Soleh, yang bertindak sebagai inspektur upacara. Selasa (4/6/2024)

Upacara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat penting dan tokoh masyarakat. Di antaranya adalah Kapolres Bangka Barat, Kasi Barang Bukti Kejari Bangka Barat, Ketua DPRD Bangka Barat, Ketua Bawaslu Bangka Barat, serta perwakilan dari Pos TNI AL Mentok. Tidak hanya pejabat, upacara ini juga diikuti oleh perwakilan sejumlah instansi terkait serta pelajar mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Bacaan Lainnya

Dalam pidatonya, Muhammad Soleh membacakan amanat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Beliau menekankan pentingnya Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, budaya, dan bahasa.

“Pancasila merupakan fondasi utama dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ungkapnya.

Foto: Pemkab Bangka Barat Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 di Lapangan Atletik Sekretariat Daerah

Muhammad Soleh menekankan bahwa nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila sangat menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

“Keberagaman yang ada di Indonesia adalah berkat yang harus dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” tambahnya.

Beliau juga menyoroti perkembangan situasi global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat. Menurutnya, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

“Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” ujarnya.

Muhammad Soleh menekankan pentingnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar secara bijaksana dalam mengakses informasi.

“Masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana dalam menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” jelasnya.

Selain itu, Muhammad Soleh mengajak seluruh komponen masyarakat di Bangka Barat untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila. Salah satu caranya adalah dengan bekerja sama dan berkolaborasi dalam menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya.

Foto: Pemkab Bangka Barat Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 di Lapangan Atletik Sekretariat Daerah

Upacara berlangsung dengan khidmat dan penuh makna. Para peserta upacara, baik pejabat maupun pelajar, tampak serius dan penuh semangat mengikuti rangkaian acara. Bendera Merah Putih berkibar dengan gagah, mengingatkan setiap hadirin akan perjuangan para pendiri bangsa yang telah merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Acara ini tidak hanya menjadi seremonial semata, tetapi juga menjadi momentum bagi masyarakat Bangka Barat untuk kembali merenungkan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini diharapkan mampu menginspirasi seluruh elemen masyarakat untuk terus bersatu dan bekerja sama demi kemajuan Indonesia.

Dengan berakhirnya upacara, Muhammad Soleh dan para hadirin berkesempatan untuk saling bertukar pikiran mengenai implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi tantangan global saat ini.

Kesepakatan yang tercapai adalah bahwa Pancasila harus terus dihayati dan diamalkan dalam setiap aspek kehidupan, baik dalam lingkup pemerintahan, pendidikan, maupun kehidupan sosial masyarakat.

Semangat gotong royong dan kebersamaan yang ditunjukkan dalam upacara ini menjadi cerminan dari semangat yang ingin terus dijaga dan ditingkatkan oleh seluruh masyarakat Bangka Barat.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini bukan hanya sekadar peringatan, tetapi juga pengingat bagi kita semua akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi tercapainya cita-cita Indonesia yang lebih baik. (Red, KBO-Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *