Wakil Presiden Ma’ruf Amin Kembali Kunjungi Babel, Erzaldi Rosman Kenang Momen Apresiasi Penurunan Stunting

Foto: Wakil Presiden Ma'ruf Amin Kembali Kunjungi Babel, Erzaldi Rosman Kenang Momen Apresiasi Penurunan Stunting

Erzaldi Rosman Kembali Bertemu Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Pernah Bahas Penanganan Stunting di Bangka Belitung

KBO-BABEL.COM (Bangka) – Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, mengunjungi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menghadiri pembukaan kegiatan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Acara yang berlangsung di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sungailiat Kabupaten Bangka tersebut merupakan rangkaian sidang tiga tahunan ulama fatwa nasional, yang dihadiri oleh utusan komisi fatwa dari seluruh Provinsi Indonesia serta berbagai ormas Islam. Rabu (29/5/2024)

Kegiatan ini menjadi forum penting untuk membahas fatwa-fatwa yang menjadi panduan keagamaan untuk kemaslahatan bangsa, dengan harapan memperkuat landasan keagamaan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW IPHI) Babel, Erzaldi Rosman, yang diundang oleh MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Erzaldi Rosman, yang dikenal dengan panggilan Bang ER, menyambut kedatangan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan mengingat kembali momen dialog pada tahun 2020 terkait isu stunting dan peran pondok pesantren.

Bang ER mengapresiasi kehadiran Ma’ruf Amin dalam acara tersebut, berharap kehadiran para ulama fatwa se-Indonesia di daerah Bangka Belitung akan memberikan berkah bagi wilayah tersebut.

Erzaldi mengatakan perjumpaan Wapres Ma’ruf ini mengingatkan Erzaldi atas prestasi yang sempat diapresiasi oleh Wapres Ma’ruf.

“Perjumpaan dengan Pak Wakil Presiden RI kita, mengingatkan saya pada momen 2020 saat kami dialog bersama terkait stunting dan ponpes, kali ini beliau berkunjung kembali ke Provinsi Babel, beliau kembali hadir dalam acara kumpulnya para ulama ke Bangka Belitung dan Insya Allah Babel akan lebih barokah dengan hadirnya para ulama fatwa se-Indonesia ke daerah kita,” ujar Erzaldi dalam keterangannya, Selasa (28/5/2024).

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin mengungkapkan kegembiraannya atas capaian penurunan angka stunting di Bangka Belitung yang berhasil menembus angka di bawah rata-rata nasional.

Dia menyoroti bahwa prevalensi stunting di Bangka Belitung yang mencapai 23,4%, lebih rendah dari angka nasional sebesar 27,7%. Ma’ruf Amin mengapresiasi kerja keras Gubernur Erzaldi Rosman dan meminta agar capaian tersebut tidak hanya stagnan, tetapi idealnya terus menurun.

“Saya senang mendengar laporan dari Pak Gubernur (Erzaldi) terutama bahwa capaian stunting itu sudah lebih rendah dari nasional, itu saya kira luar biasa, nasional itu 27,6 persen, bahkan di sini sudah mencapai 23 ini patut diapresiasi. Jadi boleh tepuk tangan, Pak Gubernur (Erzaldi), jadi tidak boleh naik ya, memang saya dengar ada kendala yang berpotensi naik, tapi saya bilang jangan naik, minimal stagnan tapi kalau bisa diturunkan,” ujar Ma’ruf Amin.

Dia juga menambahkan harapannya agar Bangka Belitung terus menjadi provinsi terbaik dalam penanganan stunting dan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia.

Ma’ruf Amin juga mengajak Menteri Kesehatan untuk menjadikan pendekatan yang diterapkan di Bangka Belitung sebagai model standar nasional dalam penanganan stunting.

Kunjungan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan dialog dengan Erzaldi Rosman menjadi momentum penting dalam memperkuat komitmen pemerintah dalam penanganan stunting di Indonesia.

Melalui kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan ulama-ulama fatwa, diharapkan masalah stunting dapat diminimalisir sehingga generasi muda Indonesia dapat tumbuh dengan optimal. (KBO-Babel/tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *