Colour Run Bangka Barat 2024: Edukasi Sejarah Melalui Olahraga

Foto: Colour Run Bangka Barat 2024

Colour Run Mentok: Meriahnya Kegiatan Olahraga Sambil Edukasi Sejarah

KBO-BABEL.COM (Mentok) – Pada Minggu, 19 Mei 2024, bertempat di lapangan terminal Mentok yang menjadi lokasi kegiatan Colour Run Kabupaten Bangka Barat Tahun 2024. Acara yang diresmikan oleh Wakil Bupati Bong Ming Ming ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dengan pemuda setempat. Tujuan utamanya adalah untuk mempererat silaturahmi di antara warga sekaligus memperkenalkan Kota Mentok sebagai kota pusaka di Indonesia. Selasa (21/5/2024)

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bong Ming Ming menyoroti pentingnya kegiatan ini sebagai sebuah ajang tidak hanya untuk berolahraga, tetapi juga sebagai sarana edukasi tentang sejarah Kota Mentok. Menurutnya, kegiatan semacam ini membantu generasi muda untuk lebih mengenal warisan tradisi dan cagar budaya yang dimiliki oleh kota tersebut.

Bacaan Lainnya

“Ada sesuatu yang berbeda dengan Colour Run kali ini, ada kegiatan edukasinya tentang sejarah yang ada di kota Mentok, yang mana mentok merupakan salah satu kota pusaka yang ada di Indonesia,” ujar Bong Ming Ming.

Foto: Colour Run Bangka Barat 2024

Salah satu keunikan dari Colour Run kali ini adalah integrasi dengan rencana pengembangan industri batik liman di terminal Mentok. Wakil Bupati Bangka Barat berharap bahwa terminal ini dapat menjadi salah satu pusat industri batik yang bersinergi dengan berbagai klaster budaya yang ada di Kota Mentok.

“Kedepannya tempat ini (terminal Mentok) akan dijadikan salah satu tempat industri batik liman, (diharapkan) bisa bersinergi dengan Cluster yang ada di Kota Mentok yakni Cluster Cina, Melayu, dan Eropa, hingga bisa menjadi tempat usaha dan tempat untuk kunjungan wisatawan,” tambahnya.

Acara ini tidak hanya menarik bagi mereka yang ingin berolahraga, tetapi juga bagi mereka yang ingin memperluas pengetahuan mereka tentang sejarah. Selain itu, Colour Run juga diharapkan dapat menjadi ajang rekreasi yang menyenangkan bagi seluruh peserta.

Foto: Colour Run Bangka Barat 2024

“Suatu kegiatan yang positif, di samping berolahraga sekaligus menjadi ajang edukasi tentang sejarah,” tutup Bong Ming Ming.

Dengan semangat  dan antusiasme yang tinggi, ribuan peserta membanjiri lapangan terminal Mentok untuk ikut serta dalam Colour Run ini. Mereka berlarian dengan penuh semangat, sambil dihiasi dengan berbagai warna-warni dari serbuk pewarna yang dilemparkan ke udara.

Tidak hanya mengikuti lomba, para peserta juga dapat mengunjungi berbagai stan pameran yang menampilkan berbagai aspek sejarah dan budaya Kota Mentok.

Dengan demikian, Colour Run Kabupaten Bangka Barat Tahun 2024 tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap sejarah dan budaya lokal. (Red, KBO-Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *