Skandal Korupsi PT Timah: Sandra Dewi Terlihat Lesu Usai Jalani Pemeriksaan Selama 10 Jam

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengambil langkah berani dengan memeriksa artis Sandra Dewi terkait dugaan korupsi timah yang melibatkan suaminya, Harvey Moeis. Penyidik tengah mendalami kepemilikan jet pribadi milik Moeis sebagai salah satu poin penting dalam kasus ini. Kamis (16/5/2024). Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejaksaan Agung, Kuntadi, menjelaskan bahwa pemeriksaan terhadap Sandra Dewi hari ini bertujuan untuk mengklarifikasi harta atau aset yang dimilikinya, terutama dalam kaitannya dengan kasus korupsi yang diduga dilakukan oleh suaminya.
Foto : Sandra Dewi saat memenuhi panggilan Kejagung RI sebagai saksi terkait dalam perkara korupsi timah

Skandal Korupsi PT Timah: Sandra Dewi Diperiksa Sebagai Saksi, Kuasa Hukum Bantah Keterlibatan

KBO-BABEL.COM (Jakarta) – Artis Sandra Dewi, istri dari Harvey Moeis, kembali berada di pusat perhatian publik setelah menjalani pemeriksaan selama 10 jam di Kejaksaan Agung RI pada Rabu, 15 Mei 2024. Pemeriksaan tersebut terkait dengan kasus dugaan korupsi yang menimpa PT Timah. Meskipun pemeriksaan ini telah dilakukan sebanyak dua kali, kuasa hukum Harvey Moeis, Prof. Harris Arthur Hedar, dengan tegas membantah keterlibatan Sandra Dewi dalam kasus tersebut. Senin (20/5/2024)

Kejaksaan Agung RI telah mengambil tindakan tegas dengan memblokir 66 rekening yang diduga terkait dengan kasus korupsi PT Timah. Selain itu, 187 bidang tanah, 55 alat berat, 16 kendaraan bermotor, dan enam smelter juga disita sebagai bagian dari pengembangan penanganan kasus tersebut. Namun, Harris Arthur menegaskan bahwa semua aset yang disita tersebut tidak memiliki kaitan dengan Sandra Dewi atau suaminya, Harvey Moeis.

Bacaan Lainnya

Menurut Harris Arthur, 66 rekening yang diblokir dan aset lainnya dimiliki oleh para tersangka dalam kasus korupsi PT Timah. Dia juga menekankan pentingnya menghormati asas praduga tak bersalah, karena belum ada putusan pengadilan yang menetapkan bahwa aset-aset tersebut merupakan hasil kejahatan.

Pemeriksaan kedua terhadap Sandra Dewi terkait dengan klarifikasi kepemilikan harta buntut korupsi PT Timah yang menjerat suaminya, Harvey Moeis. Selama pemeriksaan, Sandra Dewi menerima 40 pertanyaan dari tim penyidik Kejagung. Harris Arthur mengapresiasi kehati-hatian dan profesionalisme tim penyidik dalam melakukan penyelidikan.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung sempat memblokir rekening Sandra Dewi, namun aksesnya kembali dibuka setelah pemeriksaan yang dilakukan pada 4 April 2024 lalu. Meskipun begitu, pemeriksaan terhadap Sandra Dewi terus dilakukan sebagai bagian dari upaya penyidikan terhadap kasus korupsi PT Timah yang melibatkan suaminya.

Kasus ini juga menyoroti pentingnya transparansi dan kewaspadaan dalam mengelola aset, terutama bagi publik figur. Meskipun tidak terlibat langsung dalam kasus tersebut, Sandra Dewi dan Harvey Moeis harus menghadapi dampak dari investigasi yang sedang berlangsung. Publik pun menantikan hasil penyelidikan lebih lanjut dari Kejaksaan Agung terkait kasus korupsi yang sedang ditangani ini.

Pakar Ekspresi Soroti Gestur Sandra Dewi

Setelah menjalani pemeriksaan kurang lebih 10 jam di Kejaksaan Agung (Kejagung RI) terkait kasus korupsi yang menyeret nama suaminya, Harvey Moeis, Sandra Dewi terlihat lesu dan murung.

Dalam pernyataannya kepada media, Harris, juru bicara Sandra Dewi, menyatakan bahwa artis ini mengalami kelelahan yang cukup signifikan setelah menjalani proses pemeriksaan yang melelahkan.

“Hari ini tidak ada perbedaan, cuma kemarin capek banget. Makanya beliau sampaikan ke saya tolong sampaikan permohonan saya ke rekan wartawan,” ucap Harris.

Saat diperiksa, Sandra Dewi membawa berkas data pendukung terkait klarifikasinya. Harris menjelaskan bahwa pemeriksaan tersebut melibatkan klarifikasi berbagai data, termasuk mengenai aset-aset Sandra Dewi yang diminta oleh kejaksaan.

Dalam pemeriksaan kali ini, Sandra Dewi terlihat murung saat keluar dari Gedung Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Militer. Dengan kedua tangan menelungkup, ia tidak banyak bicara dan hanya mengucapkan terima kasih kepada awak media yang menanyakan terkait pemeriksaannya kali ini.

Pakar ekspresi, Caezarro Rey Abishur, menyoroti gestur Sandra Dewi setelah pemeriksaan tersebut. Ia mengamati bahwa sikap Sandra yang memilih bungkam dan sesekali menutup tangannya merupakan bentuk pertahanan diri.

“Kalau kita lihat tangannya sesekali nutup itu biasa sebagai bentuk dari pertahanan diri,” jelasnya.

Abishur juga menyinggung soal kekhawatiran Sandra Dewi akan masa depannya, yang mungkin bercampur dengan perasaan malu dan kelelahan setelah menjalani pemeriksaan yang panjang.

“Kalau khawatir soal masa depan itu juga bisa bercampur, tadi awalnya percaya diri sekali, pas udah selesai bias saja ada sesuatu yang membalikan,” imbuhnya.

Pemeriksaan yang cukup panjang tersebut juga membuat Sandra Dewi terlihat kelelahan secara fisik. Abishur mengamati bahwa proses pemeriksaan yang panjang tentu saja dapat membuat seseorang merasa lelah secara fisik.

Kasus korupsi yang menyeret nama suaminya, Harvey Moeis, telah memberikan tekanan yang cukup besar bagi Sandra Dewi. Meskipun demikian, ia terus menjalani proses hukum dengan tekad yang kuat untuk membela dirinya dan membuktikan kebenaran.

Harvey Moeis, Terdakwa Kasus Mega Korupsi, Membaik di Tahanan

Sejak ditahan di Kejaksaan Agung pada 27 Maret 2024, Harvey Moeis, yang terlibat dalam kasus mega korupsi yang merugikan negara hingga Rp 271 triliun, telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Kuasa hukumnya, Harris Arthur Hedar, menyatakan bahwa kondisi Harvey telah membaik secara signifikan.

“Beliau baik, alhamdulillah,” ujar Harris, sambil menambahkan bahwa Harvey sempat mengalami syok saat menghadapi kasus tersebut.

Harvey sendiri tidak pernah menduga bahwa namanya akan terkait dengan kasus korupsi sebesar itu.

“Agak syok, karena beliau nggak pernah menyangka kalau akan dikaitkan dengan kasus timah,” ungkap Harris. Harvey sering bertanya kepada dirinya sendiri,

“Salah saya di mana?” sambil mengakui bahwa dia adalah seorang pengusaha yang bekerja keras sejak dulu.

Meskipun menghadapi tekanan dari kasus yang menjeratnya, Harvey terus menunjukkan ketabahan dan semangat untuk menghadapi proses hukum yang sedang berlangsung.

Meskipun demikian, dia telah menunjukkan komitmen untuk bekerja sama sepenuhnya dengan penyidik untuk mengungkap kebenaran di balik tuduhan yang dialamatkan padanya.

Kondisi terkini Harvey yang membaik memberikan harapan bagi dirinya dan keluarganya, serta memberikan kekuatan moral bagi pendukungnya. Di tengah sorotan publik yang intens terhadap kasus korupsi ini, Harvey Moeis tetap mempertahankan sikap yang teguh dan berusaha untuk membuktikan kebenarannya di mata hukum. (KBO-Babel/tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *