Profil 7 Kandidat Pilgub Babel 2024 Pesaing Erzaldi Rosman Djohan

Foto: Ilustrasi Pilkada Serentak

Kompetisi Sengit di Pilgub Bangka Belitung 2024: Profil 7 Kandidat Potensial Pesaing Erzaldi Rosman

KBO-BABEL.COM (Bangka Belitung) – Antusiasme politik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung semakin memanas menjelang Pemilihan Gubernur 2024. Dengan berbagai tokoh yang telah muncul, pertarungan politik diprediksi akan menjadi salah satu yang paling sengit dalam sejarah provinsi ini. Sabtu (18/5/2024)

Dari sekian nama yang muncul, tujuh di antaranya diprediksi menjadi lawan utama Erzaldi Rosman Djohan, petahana yang akan ditantang dalam Pemilihan Gubernur Bangka Belitung 2024.

Bacaan Lainnya

Dr. H. Erzaldi Rosman Djohan, S.E., M.M.

Mantan Gubernur Bangka Belitung yang lahir pada 31 Oktober 1969 ini telah memiliki pengalaman yang luas dalam pemerintahan. Sebelum menjabat sebagai Gubernur, Erzaldi pernah menjadi Bupati Bangka Tengah selama dua periode. Dia juga merupakan ketua partai Gerindra di Bangka Belitung, yang memperkuat posisinya sebagai salah satu kandidat kuat.

Berikut adalah profil lengkap dari tujuh kandidat yang berpotensi menjadi lawan yang sepadan bagi mantan Gubernur Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman Djohan:

1. Didit Srigusjaya, S.H., M.H.

Ketua DPRD Bangka Belitung ini telah memperoleh pengalaman yang luas dalam politik setelah menjabat selama tiga periode. Lahir pada 18 Agustus 1975, Didit merupakan kader partai yang telah mendaftarkan diri sebagai calon Gubernur Bangka Belitung 2024.

2. Rustam Effendi, B.Sc.

Mantan Gubernur Bangka Belitung ini lahir pada 31 Desember 1956. Dia pernah menjabat sebagai Gubernur dari 2013 hingga 2017. Meskipun kader PDI Perjuangan, Rustam tidak tergesa-gesa dalam menentukan langkah politiknya.

3. Yuslih Ihza Mahendra, S.E., M.I.R.

Politisi Partai Demokrat yang lahir pada 29 Januari 1952 ini merupakan mantan Bupati Belitung Timur. Yuslih juga dikenal sebagai lulusan terbaik dari Universitas Padjadjaran Bandung. Keberaniannya menolak keberadaan kapal isap di perairan Belitung Timur telah meningkatkan popularitasnya di kalangan masyarakat.

4. Dr. (H.C) Hidayat Arsani

Mantan Wakil Gubernur Bangka Belitung ini telah menunjukkan kapasitasnya sebagai seorang pengusaha yang sukses. Dia mendapat dukungan dari Partai Golkar, serta mendaftar di beberapa partai lainnya seperti PDI Perjuangan, Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat. Pengalaman politiknya yang luas diakui oleh banyak pihak.

5. Ir. Rudianto Tjen

Ir. Rudianto Tjen, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bendahara DPP PDI Perjuangan, telah menyatakan komitmennya untuk memprioritaskan kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung jika terpilih sebagai Gubernur. Dengan latar belakangnya yang kuat dalam politik dan pengabdian kepada rakyat, ia bertekad untuk menjadi pemimpin yang amanah.

6. Naziarto, S.H.

Dr. Drs. Naziarto, S.H., mantan Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah mendaftar sebagai calon Gubernur Bangka Belitung 2024 dengan dukungan dari PDI Perjuangan.

Dengan pengalamannya yang luas dalam politik dan pemerintahan, Naziarto menjanjikan kepemimpinan yang berintegritas dan berorientasi pada kemajuan daerah.

7. KH Ahmad Ja’far Shidiq, M.Pd.

Sebagai mantan Ketua PBNU Bangka Belitung, KH Ahmad Ja’far Shidiq, M.Pd., membawa suara ulama untuk memperjuangkan kesejahteraan Bangka Belitung.

Dengan jumlah suara signifikan yang berhasil diraih pada Pemilu sebelumnya, Ahmad Ja’far Shidiq, M.Pd., menunjukkan potensinya sebagai calon yang mampu memimpin dengan integritas dan kearifan.

Meskipun merupakan pendatang baru dalam arena politik Babel, PKB Babel muncul dengan kekuatan yang signifikan, mengantongi jumlah suara yang cukup besar. Dengan 36.404 suara sah, partai ini menjadi salah satu pemain kunci dalam dinamika politik provinsi ini.

Dengan PDIP yang memiliki 9 kursi DPRD Bangka Belitung dan Gerindra dengan 7 kursi, gabungan dua partai tersebut telah melampaui syarat minimal untuk berpartisipasi dalam Pilgub Babel 2024. Dengan total 16 kursi, mereka menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan dalam perhelatan politik mendatang.

Prediksi Persaingan yang Sengit

Dari semua nama yang telah mendaftar, tujuh di antaranya diprediksi menjadi pesaing utama Erzaldi Rosman Djohan dalam Pemilihan Gubernur Bangka Belitung 2024. Dengan komitmen mereka untuk memimpin provinsi ini menuju arah yang lebih baik, persaingan akan menjadi sengit dan menarik untuk diamati.

Dengan demikian, pendaftaran para politisi terkemuka ini telah menambah semarak dinamika politik di Bangka Belitung menjelang Pemilihan Gubernur 2024. Masyarakat pun menanti dengan antusias untuk melihat siapa yang akan menjadi pemimpin berikutnya yang akan membawa provinsi ini ke arah yang lebih baik.

Pertarungan politik di Pilgub Bangka Belitung 2024 diprediksi akan menjadi salah satu yang paling menarik dalam sejarah provinsi ini. Dengan profil yang beragam, masyarakat Bangka Belitung memiliki banyak pilihan untuk menentukan arah masa depan provinsi mereka.

Kami akan terus memberikan liputan mendalam tentang perkembangan terkini dalam pesta demokrasi ini. Tetaplah terhubung dengan kami untuk informasi lebih lanjut. (KBO-Babel/tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *