Pj Wali Kota Pangkalpinang Minta Peternak Perhatikan Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Semangat berbagi kebahagiaan dalam bulan suci Ramadhan terus digelorakan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan. Dalam upaya memperkuat kebersamaan dan empati sosial, Lusje mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Pangkalpinang untuk rutin bersedekah dan saling berbagi dengan sesama, khususnya dengan anak-anak kurang mampu. Senin (25/3/2024).
Foto : Pj Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan

Lusje Anneke Tabalujan Ingatkan Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

KBO-BABEL.COM (Pangkalpinang) – Menjelang Idul Adha 1445, Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan, mengeluarkan himbauan penting kepada para peternak untuk meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Lusje menekankan pentingnya menjaga kondisi kesehatan hewan, baik yang berasal dari dalam daerah maupun yang didatangkan dari luar, demi memastikan kelayakan konsumsi daging kurban oleh masyarakat. Rabu (15/5/2024)

Lusje mengatakan pada Senin (13/5/2024) bahwa tujuan dari pemeriksaan kesehatan hewan kurban adalah untuk memastikan kesehatan hewan-hewan kurban tersebut sehingga layak untuk dikonsumsi. Himbauan sudah diberikan kepada beberapa peternak dan rumah potong hewan untuk rutin melakukan pembersihan kandang.

Bacaan Lainnya

Lusje menjelaskan bahwa aspek kesehatan hewan kurban merupakan faktor krusial dalam pelaksanaan ibadah kurban. Hewan yang sehat tidak hanya menjamin keamanan dan kesehatan masyarakat yang akan mengkonsumsi daging kurban, tetapi juga mencegah penyebaran penyakit dari hewan ke manusia.

Ia mengatakan bahwa hewan kurban yang sehat merupakan jaminan kesehatan bagi masyarakat yang mengkonsumsi daging kurban. Apabila hewan kurban menderita suatu penyakit, maka dapat menyebabkan penyebaran penyakit kepada manusia melalui konsumsi daging yang tidak layak maka menjaga kesehatannya itu penting.

Selain itu, Lusje menekankan pentingnya pemeriksaan rutin oleh dokter hewan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi dini penyakit yang mungkin diderita oleh hewan kurban, seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), sehingga penanganan khusus dapat segera dilakukan.

“Pemeriksaan oleh dokter hewan juga penting, misalnya ada hewan yang terindikasi punya penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat segera mendapatkan penanganan khusus, sehingga tidak menularkan ke hewan yang lain,” tambahnya.

Menjelang perayaan Idul Adha, peran serta semua pihak sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan hewan kurban. Lusje berharap dengan adanya langkah-langkah ini, perayaan Idul Adha dapat berjalan lancar dan masyarakat dapat mengkonsumsi daging kurban dengan aman dan sehat.

Dengan himbauan ini, diharapkan para peternak dapat lebih proaktif dalam menjaga kesehatan hewan kurban, sehingga tujuan dari ibadah kurban dapat tercapai dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat. (Red, KBO-Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *