Dinamika Pilkada Pangkalpinang: Achmad Subari dan Eman Mendaftar Sebagai Calon Independen

Foto: Ilustrasi Pilkada Serentak

Achmad Subari dan Eman Berpotensi Ikut Bersaing di Pilkada Pangkalpinang: Mendaftar Sebagai Calon Independen

KBO-BABEL.COM (Pangkalpinang) – Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, semakin ramai dengan persaingan politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini. Kabar terbaru datang dari jalur independen, di mana satu pasangan calon telah resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkalpinang. Sabtu (11/5/2024)

Achmad Subari dan Eman, sepasang calon perseorangan, telah mengisi blanko pencalonan di KPU Pangkalpinang, menandai langkah awal mereka dalam mengikuti proses demokrasi di tingkat lokal.

Bacaan Lainnya

Menurut keterangan dari Komisioner KPU Pangkalpinang, Margarita, pasangan calon Achmad Subari dan Eman telah mengajukan permohonan untuk mengakses data di Sistem Informasi Pencalonan (Silonkada).

Langkah ini merupakan bagian dari tahapan awal yang harus dilalui oleh calon independen sebelum memasuki tahap pendaftaran resmi. Margarita menjelaskan bahwa setelah mengisi blanko permohonan, berkas syarat dukungan dari masyarakat akan diinput ke dalam sistem Silonkada untuk verifikasi selanjutnya.

“KPU selanjutnya melakukan verifikasi administrasi dan faktual terhadap persyaratan yang masuk,” ungkap Margarita, menegaskan komitmen lembaga penyelenggara pemilu untuk memastikan proses berjalan transparan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh pasangan calon independen adalah memenuhi syarat dukungan yang ditetapkan oleh KPU. Dalam kasus ini, untuk mencalonkan diri di Pangkalpinang, pasangan calon independen harus memperoleh dukungan sebanyak 16.142 salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan sebaran minimal empat kecamatan. Meskipun tantangan ini tidaklah kecil, Achmad Subari menyatakan optimisme bahwa timnya mampu memenuhi syarat tersebut.

“Kemungkinan bisa lebih. Tim sedang dalam proses pemberkasan,” ujar Achmad Subari, mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pangkalpinang. Dia juga mengakui bahwa proses input data membutuhkan waktu, namun berharap tidak akan ada kendala teknis yang menghambat proses tersebut.

Langkah ini menandai semakin berkembangnya dinamika politik di Pangkalpinang, dengan munculnya alternatif calon di luar jalur partai politik. Achmad Subari dan Eman, dengan mendaftar sebagai calon independen, menyiratkan bahwa mereka memiliki keyakinan dan dukungan yang cukup untuk bersaing dalam kontes demokrasi yang akan datang.

Pendaftaran resmi pasangan calon independen akan dilakukan bersamaan dengan pendaftaran calon dari partai politik, yang dijadwalkan pada bulan Agustus 2024 mendatang. (KBO-Babel/tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *