Peringatan May Day 2024 di Beltim Dimeriahkan dengan Jalan Sehat Bersama Pekerja dan Masyarakat

Foto: Peringatan May Day 2024 di Beltim Dimeriahkan dengan Jalan Sehat Bersama Pekerja dan Masyarakat

Meriahkan May Day 2024: Jalan Sehat Bersama Pekerja dan Masyarakat di Pantai Nyiur Melambai

KBO-BABEL.COM (Manggar) – Peringatan Hari Buruh Internasional atau yang lebih dikenal sebagai May Day di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) pada tanggal 1 Mei 2024, dimeriahkan oleh serangkaian kegiatan yang dipimpin oleh Bupati Beltim, Burhanudin, dan Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bangka Belitung, Darusman. Acara utama yang menjadi sorotan adalah jalan sehat yang melibatkan para pekerja dan warga masyarakat setempat. Jumat (3/5/2024)

Dalam tema yang diusung, “May Day kita jadikan buruh di Babel mampu mewujudkan buruh yang kompeten, lebih kritis dan profesional,” peserta jalan santai tidak hanya terdiri dari pekerja, tetapi juga turut dihadiri oleh Wabup Beltim, Khairil Anwar, Kapolres Beltim, AKBP Arif Kurniatan, serta anggota forkopimda. Selain itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Belitung Tanjungpandan, Rustina, juga turut serta serta dalam acara ini.

Bacaan Lainnya

Darusman, Ketua SPSI Babel, mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Beltim dan jajaran kepolisian dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

Baginya, May Day bukan sekadar perayaan, melainkan juga momentum penting untuk meningkatkan kesadaran akan hak-hak pekerja dalam masyarakat serta sebagai simbol perjuangan mereka.

“May Day ini maknanya mengingatkan perjuangan yang telah dilakukan orang terdahulu. Kegiatan yang dilaksanakan disesuaikan dengan kearifan lokal tapi tidak mengurangi semangat kita untuk mengkritik secara objektif,” ujar Darusman.

Bupati Beltim, yang akrab dipanggil Aan, menyampaikan ucapan selamat kepada semua pekerja di Beltim. Baginya, jalan santai yang diadakan pada hari buruh merupakan langkah positif untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah. Ia juga mengapresiasi kolaborasi antara SPSI Babel dan pemerintah dalam mengutamakan hak-hak buruh di wilayah tersebut.

“Kegiatan jalan santai yang dilaksanakan pada hari buruh ini adalah aksi positif dalam menyampaikan aspirasi kepada pemerintah. Karena itu, kami apresiasi dengan SPSI Babel yang bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengutamakan hak buruh di wilayah Babel khususnya Beltim,” kata Aan.

Gustaf Pilandra, selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UKM Kabupaten Beltim, juga menyoroti pentingnya pemahaman aturan ketenagakerjaan bagi para pekerja.

Ia menyatakan harapannya agar para pekerja terus memperbarui pengetahuan mereka mengenai aturan tersebut karena dinamika aturan ketenagakerjaan yang selalu berubah.

“Kita sudah melaksanakan lomba cerdas cermat dan hari ini (1/5) jalan sehat. Kita harap para pekerja lebih memahami aturan ketenagakerjaan karena aturan selalu update,” ungkap Gustaf.

Acara jalan sehat ini bukan hanya menjadi ajang rekreasi dan olahraga, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat solidaritas antarpekerja serta meningkatkan kesadaran akan hak-hak mereka.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah dan berbagai instansi terkait, May Day di Beltim tahun ini memberikan pesan kuat akan pentingnya kerja sama antara pemerintah dan pekerja dalam menciptakan lingkungan kerja yang adil dan bermartabat. (Redaksi, KBO-Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *