Membuka Peluang bagi Calon Pengacara: Menjadi Paralegal di Sumatera Utara dengan YLBHCCI

Foto: Membuka Peluang bagi Calon Pengacara: Menjadi Paralegal di Sumatera Utara dengan YLBHCCI

Profesor Sutan Nasomal Ketum YLBHCCI Menggagas Peluang Karir dalam Praktik Hukum Menjadi Paralegal

KBO-BABEL.COM (Jakarta) – Di tengah semangat keadilan dan kebutuhan akan akses terhadap bantuan hukum yang merata, Profesor Dr. KH Sutan Nasomal, seorang ahli hukum pidana internasional dan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Lembaga Bantuan Hukum Paralegal Cendrawasih Celebes Indonesia (YLBHCCI), memperkenalkan sebuah inisiatif menarik bagi warga Sumatera Utara yang bermimpi menjadi bagian dari dunia hukum. Rabu (24/4/2024)

Melalui YLBHCCI, beliau membuka peluang bagi mereka yang ingin menggeluti karir dalam bidang hukum, meskipun tanpa gelar sarjana hukum.

Bacaan Lainnya

Dalam sebuah wawancara dengan para pemimpin redaksi media cetak dan online, Profesor Sutan Nasomal menjelaskan secara rinci tentang kemudahan yang ditawarkan oleh YLBHCCI bagi calon pengacara di Sumatera Utara.

“Bagi masyarakat Sumatera Utara yang memiliki cita-cita menjadi pengacara, kini ada kemudahan. Walau tidak memperoleh gelar Sarjana Hukum (SH), Anda dapat menjadi seorang paralegal yang melakukan langkah-langkah dan tindakan layaknya seorang pengacara,” ungkapnya.

Menurut Profesor Sutan Nasomal, menjadi seorang paralegal tidak memerlukan investasi modal yang besar atau waktu yang panjang seperti meraih gelar sarjana hukum.

Cukup dengan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, seseorang dapat mengikuti pendidikan paralegal selama enam bulan baik dalam program reguler maupun eksekutif.

Setelah menyelesaikan pendidikan ini, peserta akan memperoleh sertifikat pendidikan paralegal, gelar, dan transkrip nilai paralegal.

Namun, perlu dicatat bahwa meskipun paralegal dapat memberikan pendampingan dan pembelaan hukum di luar pengadilan secara resmi, mereka tidak memiliki wewenang untuk beracara di ruang sidang pengadilan.

Meskipun demikian, peran mereka dalam memberikan bantuan hukum di luar pengadilan sangatlah penting dalam memastikan bahwa hak-hak individu tetap terlindungi.

YLBHCCI, yang memiliki kantor pusat di kompleks Denpus Koppasus, Jakarta Timur, menyediakan platform bagi calon paralegal untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan untuk memasuki dunia hukum.

Dengan alamat yang jelas dan kontak yang mudah dijangkau, YLBHCCI memastikan bahwa setiap individu yang tertarik dapat dengan mudah mengakses informasi dan memulai langkah mereka dalam membangun karir di bidang hukum.

Inisiatif yang dijalankan oleh Profesor Sutan Nasomal dan YLBHCCI ini tidak hanya membuka pintu bagi mereka yang ingin bergelut dalam bidang hukum, tetapi juga menghapuskan hambatan-hambatan yang mungkin muncul bagi mereka yang tidak memiliki akses ke pendidikan formal dalam bidang hukum.

Hal ini sesuai dengan visi YLBHCCI untuk memberikan akses terhadap keadilan bagi semua lapisan masyarakat, tanpa memandang latar belakang pendidikan atau status sosial.

Dengan adanya kemudahan akses dan peluang yang ditawarkan oleh YLBHCCI, diharapkan bahwa semakin banyak individu di Sumatera Utara yang akan terinspirasi untuk mengikuti jejak mereka yang telah sukses dalam dunia hukum.

Dengan keterlibatan mereka, diharapkan akan terjadi peningkatan dalam pelayanan bantuan hukum bagi masyarakat, serta terciptanya sebuah lingkungan hukum yang lebih inklusif dan berkeadilan.

Melalui langkah-langkah konkrit seperti inilah, masyarakat dapat merasakan dampak positif dari upaya nyata dalam mewujudkan akses terhadap keadilan yang merata dan terjamin bagi semua.

Dengan demikian, tidak hanya individu, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan akan mendapatkan manfaat yang besar dari kehadiran para paralegal yang terlatih dan berkompeten di tengah-tengah mereka. (Prof.ASN/KBO Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *