Perkara Komoditas Timah Masih Berlanjut, Tim Penyidik Sita Kendaraan Tersangka HM dan Tersangka RI

Foto: Tim Penyidik Sita Kendaraan Tersangka HM dan Tersangka RI

Penyitaan Kendaraan Bermotor Terkait Dugaan Korupsi Komoditas Timah: Penyelidikan Lebih Dalam

KBO-BABEL.COM (Jakarta) – Tim Penyidik dari Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) telah melakukan langkah signifikan dalam penyelidikan terkait dugaan korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 hingga 2022. Pada Kamis, 18 April 2024, tim tersebut melakukan serangkaian tindakan penggeledahan di rumah tinggal yang terafiliasi dengan Tersangka HM di Kota Jakarta Barat. Sabtu (20/4/2024)

Dalam penggeledahan tersebut, tim berhasil menyita sejumlah barang bukti yang diduga kuat berhubungan atau merupakan hasil kejahatan, termasuk kendaraan bermotor. Penyitaan tersebut meliputi 1 (satu) unit mobil Lexus RX300 dan 1 (satu) unit Mobil Toyota Vellfire yang diduga terkait dengan Tersangka HM.

Bacaan Lainnya

Selain itu, tim juga berhasil menyita barang bukti lainnya yang diduga terkait dengan Tersangka RI, termasuk 1 (satu) unit mobil Toyota Zenix dan 1 (satu) unit Mobil Mercedes Benz E250. Barang bukti tersebut meliputi surat berharga dan kendaraan bermotor yang diduga memiliki keterkaitan dengan dugaan korupsi dalam kasus ini.

Foto: Tim Penyidik Sita Kendaraan Tersangka HM dan Tersangka RI

Penyelidikan ini merupakan langkah penting dalam upaya menegakkan hukum dan memberantas korupsi di sektor komoditas timah. Kasus ini menyoroti praktik-praktik korupsi yang mungkin telah terjadi dalam tata niaga komoditas penting ini, yang memiliki dampak luas terhadap perekonomian negara dan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) menyatakan bahwa penyelidikan ini akan terus diperdalam untuk mengungkap seluruh fakta dan pihak-pihak yang terlibat dalam dugaan tindak pidana korupsi tersebut.

Beliau juga menekankan pentingnya kerja sama antara lembaga penegak hukum, pihak berwenang, dan masyarakat dalam upaya memberantas korupsi dan menjaga integritas sektor pertambangan.

Kasus ini menunjukkan komitmen yang kuat dari aparat penegak hukum untuk memberantas korupsi di semua tingkatan. Penyelidikan dan tindakan penegakan hukum yang tegas seperti ini diharapkan akan memberikan efek jera bagi para pelaku korupsi serta memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap sistem hukum.

Penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan untuk mengumpulkan bukti-bukti yang lebih konkret dan mendalam terkait dugaan korupsi dalam tata niaga komoditas timah ini. Pihak berwenang juga mengajak masyarakat untuk memberikan informasi yang relevan yang dapat membantu dalam penyelidikan ini.

Keberhasilan penyelidikan ini akan menjadi tonggak penting dalam upaya memberantas korupsi dan menjaga integritas di sektor pertambangan serta menegaskan komitmen pemerintah dalam menjalankan prinsip-prinsip good governance dan rule of law. (Kapuspenkum Kejagung Jaksel, Editor: KBO-Babel)

Foto: Tim Penyidik Sita Kendaraan Tersangka HM dan Tersangka RI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *