Stabilitas Pangan Jelang Idul Fitri: Forkopimda Tinjau Pasar Tradisional di Manggar

Foto: Forkopimda Tinjau Ketersediaan Pangan di Pasar

Stabilitas Ketersediaan Pangan Jelang Idul Fitri: Tinjauan Forkopimda di Pasar Lipat Kajang Manggar

KBO-BABEL.COM (Manggar) – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mengambil langkah proaktif dalam memastikan ketersediaan pangan yang memadai serta stabilitas harga kebutuhan pokok jelang perayaan Idul Fitri tahun 2024. Dalam upaya tersebut, Forkopimda melakukan peninjauan langsung di Pasar Lipat Kajang Manggar pada Jumat (5/4) untuk mengamati kondisi pasar tradisional tersebut. Sabtu (6/4/2024)

Kehadiran Forkopimda di pasar tersebut juga bertujuan untuk memastikan bahwa semua lapisan masyarakat dapat memperoleh akses terhadap pangan dengan harga yang terjangkau.

Bacaan Lainnya

Acara peninjauan tersebut dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Ketua DPRD Beltim, Fezzi Uktolseja, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Beltim, Baniara Sinaga, Danramil Manggar Mayor Chb Ihsan, Kanit Tipiter Polres Beltim, Ipda Savira, serta perwakilan dari berbagai perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Beltim.

Dalam kesempatan tersebut, Fezzi Uktolseja, Ketua DPRD Beltim, mengungkapkan hasil pantauan yang menunjukkan bahwa ketersediaan pangan di Pasar Lipat Kajang Manggar terjamin dengan harga yang stabil.

Namun, ia juga menyampaikan keprihatinannya terhadap penurunan daya beli masyarakat, yang sebagian disebabkan oleh kondisi industri timah yang mengalami penurunan di daerah tersebut.

Fezzi juga menyoroti peran satgas pangan dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok. Ipda Savira, Kanit Tipiter Polres Beltim, yang juga merupakan anggota tim satgas pangan, menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan pengecekan pasokan dan menjaga harga bahan pokok agar tetap terjangkau oleh masyarakat.

Dalam peninjauan tersebut, Mayor Chb Ihsan, Danramil Manggar, menyatakan bahwa stok bahan pokok di Pasar Lipat Kajang Manggar cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga perayaan Idul Fitri.

Selain itu, ia menegaskan komitmen pihaknya dalam memastikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang berbelanja di pasar tersebut.

Perihal penurunan daya beli masyarakat juga disoroti oleh Camat Manggar, Herri. Menurutnya, penurunan tersebut sebagian besar disebabkan oleh kondisi perekonomian di daerah tersebut yang masih belum pulih sepenuhnya. Namun, ia optimis bahwa dengan perbaikan tata niaga dan tata kelola pertambangan timah, kondisi perekonomian masyarakat dapat membaik.

Dari pantauan Diskominfo SP Beltim di Pasar Lipat Kajang Manggar, harga bahan pokok seperti daging sapi, ayam, telur, bawang merah, bawang putih, cabe keriting, dan cabe rawit tetap stabil dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

Meskipun demikian, upaya terus dilakukan oleh pihak terkait untuk memastikan bahwa kondisi tersebut tetap terjaga hingga perayaan Idul Fitri.

Dengan demikian, langkah-langkah proaktif yang diambil oleh Forkopimda Beltim dalam memastikan ketersediaan pangan dan stabilitas harga bahan pokok di Pasar Lipat Kajang Manggar menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung kesejahteraan masyarakat jelang perayaan Idul Fitri tahun ini.

Semua pihak berharap bahwa kondisi tersebut dapat berlanjut hingga pasca perayaan Idul Fitri, dan bahwa kondisi perekonomian masyarakat dapat membaik secara bertahap. (Redaksi, KBO-Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *