BKPSDM Beltim Rapat Finalisasi Usulan Formasi CASN 2024

Foto: Rapat Finalisasi Usulan Formasi CASN 2024

BKPSDM Beltim Rapat Finalisasi Usulan Formasi CASN 2024: Memastikan Kesesuaian dan Kualitas Penerimaan Aparatur Sipil Negara

KBO-BABEL.COM (Manggar) – Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan kualitas penerimaan Aparatur Sipil Negara (CASN) di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar rapat finalisasi usulan formasi CASN 2024. Rapat yang berlangsung pada Rabu (03/04) di Ruang Rapat BKPSDM tersebut menandai langkah penting dalam menyelaraskan usulan formasi dengan kebutuhan dan standar yang ditetapkan. Kamis (4/4/2024)

Dalam kegiatan tersebut, Kepala BKPSDM Beltim, Hendri Yani, memimpin rapat yang dihadiri oleh seluruh Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum dan Kepegawaian dari berbagai Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Beltim.

Bacaan Lainnya

Hendri Yani menjelaskan bahwa rapat ini merupakan tindak lanjut atas instruksi dan validasi dari Instansi Pembina terkait beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan, termasuk peta jabatan, kualifikasi pendidikan, dan nama formasi yang diusulkan.

“Jadi ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan, seperti kualifikasi pendidikan untuk jabatan tertentu yang yang pada saat pengusulan ditulis S1 Ekonomi, garing Pembangunan. Dan itu terkoreksi inputan formasi dari Pusat, seharusnya kualifikasi pendidikan ditulis S1 Ekonomi Pembangunan. Tidak menggunakan slice,” ungkap Hendri.

“Ada juga kasus formasi di RSUD, diusulkan awal dari instansi itu formasi radiografer. Lalu terkoreksi yang benarnya formasi radiografi. Nah seperti itu yang penting untuk kita tindak lanjuti secepatnya,” tambah Kulok sapaan akrabnya.

Menyoroti tanggung jawab Pemkab Beltim, Hendri menjelaskan bahwa rapat ini adalah wujud dari komitmen untuk mengakomodir dan menangkap peluang agar usulan yang disampaikan kepada Menpan-RB tetap konsisten dan berkualitas.

Hal ini dianggap penting mengingat kesalahan atau ketidaksesuaian dalam usulan dapat berdampak pada perubahan atau penghapusan formasi yang telah diajukan.

“Jadi gini jangan sampai kita sudah mengusulkan formasi 1.500 sekian, kan ini ada 300-an formasi yang terkoreksi, Nah jangan sampai itu (formasi-red) hilang karena kita tidak melakukan penyesuaian dan perbaikan,” tambahnya.

Sementara itu, dalam rapat tersebut, langkah-langkah konkret diambil untuk memastikan kesesuaian dan kualitas usulan formasi. Para peserta rapat dari berbagai Perangkat Daerah secara aktif terlibat dalam diskusi untuk memperbaiki dan menyempurnakan usulan yang telah diajukan. Berbagai masukan dan perbaikan pun dicatat untuk segera diimplementasikan.

Dalam upaya memastikan kesempurnaan usulan, BKPSDM Beltim juga akan mengintensifkan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk instansi pembina dan perangkat daerah terkait.

Hendri berharap kolaborasi yang kuat dapat memastikan bahwa setiap usulan yang disampaikan mencerminkan kebutuhan nyata dan standar yang ditetapkan.

“Deadline itu tanggal 5 bulan ini. Harapan kita hari ini tuntas, agar nanti sebelum tanggal 5 kita sudah dapat memfinalisasi usulan formasi ke pusat melalui aplikasi SIASN,” tandasnya.

Dengan semangat yang tinggi dan komitmen yang kuat, BKPSDM Beltim bergerak maju untuk menyelesaikan finalisasi usulan formasi CASN 2024. Langkah ini diharapkan tidak hanya menjadi tindak lanjut rutin, tetapi juga merupakan bagian dari upaya lebih besar untuk meningkatkan kualitas layanan publik melalui pengadaan aparatur yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. (Redaksi, KBO-BAbel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *