Artis Sandra Dewi dan Kasus Korupsi Timah: Penjelasan Lengkap dari Kejaksaan Agung

Foto: Artis Sandra Dewi Dipanggil Kejaksaan Agung Terkait Kasus Korupsi Timah

Artis Sandra Dewi Dipanggil Kejaksaan Agung Terkait Kasus Korupsi Timah, Skandal Mengguncang Tanah Air

KBO-BABEL.COM (Jakarta) – Kejaksaan Agung (Kejagung) memanggil artis terkenal Sandra Dewi terkait dengan dugaan keterlibatan dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah dari tahun 2015 hingga 2022. Panggilan ini menjadi sorotan publik karena merupakan langkah pertama setelah sang suami, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu (27/3) yang lalu. Kamis (4/4/2024).

Sandra Dewi tiba di Gedung Kartika Kejaksaan Agung untuk menjalani pemeriksaan sekitar pukul 09.25 WIB dengan memberikan pernyataan singkat,

Bacaan Lainnya

“Doain, ya.”

Meskipun begitu, rincian materi pemeriksaan terhadap Sandra Dewi masih belum dipastikan secara jelas.

Foto: Artis Sandra Dewi Dipanggil Kejaksaan Agung Terkait Kasus Korupsi Timah

Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus akan mendalami keterlibatan Sandra Dewi berdasarkan fakta hukum dan alat bukti yang ditemukan.

Ketut Sumedana, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, mengindikasikan kemungkinan keterlibatan Sandra Dewi dalam aliran dana dari Harvey Moeis.

Hal ini mencakup dugaan aliran dana melalui bisnis bersama antara keduanya. Namun, Sumedana menegaskan bahwa pemanggilan Sandra Dewi masih harus menunggu hasil penyidikan lebih lanjut.

Sebelumnya, Kejagung telah menetapkan 16 tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga timah di IUP PT Timah, termasuk Harvey Moeis. Nilai kerugian ekologis dalam kasus ini diperkirakan mencapai Rp271 triliun berdasarkan hasil perhitungan dari ahli lingkungan IPB Bambang Hero Saharjo.

Kerusakan lingkungan tersebut mencakup kerugian ekologis sebesar Rp183,7 triliun, ekonomi lingkungan sebesar Rp74,4 triliun, dan biaya pemulihan lingkungan sebesar Rp12,1 triliun.

Meskipun demikian, Kejagung menegaskan bahwa nilai kerugian tersebut masih bersifat perkiraan, dan penyidik masih menghitung potensi kerugian keuangan negara akibat aksi korupsi tersebut.

Skandal ini mencuat ke permukaan dengan menggemparkan masyarakat karena melibatkan nama-nama terkenal, termasuk Sandra Dewi.

Keterlibatan publik figur dalam kasus korupsi menggambarkan kompleksitas dan jangkauan praktik korupsi di Indonesia. Publik menantikan hasil penyelidikan lebih lanjut dari Kejagung untuk mengungkap kebenaran dan menegakkan keadilan dalam kasus ini. (KBO Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *