Proses Penyidikan Terkait Penggeledahan Rumah Harvey Moeis: Kejaksaan Agung Tinjau Keaslian Barang Bukti

Foto: Kejaksaan Agung Tetapkan HM, Perwakilan PT RBT sebagai Tersangka Kasus Korupsi Komoditas Timah

Kejaksaan Gandeng Ahli Cek Keaslian Barang dari Penggeledahan Rumah Harvey Moeis Terkait Kasus Korupsi Timah

KBO-BABEL.COM (Jakarta) – Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali mengambil langkah serius dalam menindak kasus dugaan korupsi yang melibatkan sejumlah pihak terkait perdagangan ilegal timah. Dalam penggeledahan yang dilakukan di rumah Harvey Moeis, seorang tersangka utama dalam kasus tersebut, tim penyidik berhasil menyita sejumlah barang bukti yang diduga terkait dengan aliran dana ilegal dari beberapa perusahaan terkait. Rabu (3/4/2024)

Menurut Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana, dalam keterangan yang dikeluarkan pada Selasa (2/4/2024), tim penyidik sedang melakukan proses verifikasi keaslian terhadap sejumlah barang yang ditemukan. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa barang-barang tersebut merupakan bukti yang sah dalam proses penyelidikan kasus ini.

Bacaan Lainnya

Barang-barang yang diamati keasliannya oleh para ahli meliputi sejumlah dokumen, bukti elektronik, serta 2 mobil mewah yang turut disita dalam penggeledahan tersebut. Namun, saat ini barang-barang yang masih dalam tahap verifikasi belum dapat disita sepenuhnya.

Proses penggeledahan dan penyitaan ini merupakan tindak lanjut dari kesesuaian hasil pemeriksaan dan keterangan para tersangka serta saksi mengenai aliran dana ilegal yang diduga berasal dari beberapa perusahaan terkait dengan kegiatan tata niaga timah ilegal.

Ketut menegaskan bahwa tim penyidik akan terus menggali fakta-fakta baru dari barang bukti yang ditemukan untuk mengungkapkan tindak pidana yang tengah dalam penyidikan.

Sebelumnya, Kejagung telah berhasil menyita 2 mobil mewah milik Harvey Moeis yang diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi timah. Salah satu mobil yang disita adalah MINI Cooper, sedangkan yang lainnya adalah Rolls-Royce. Rolls-Royce sendiri sebelumnya diketahui sebagai kado dari Harvey untuk istrinya, Sandra Dewi.

Dalam konteks perkara ini, Kejagung telah menetapkan 16 tersangka, dengan salah satunya dijerat terkait perintangan penyidikan. Sementara 15 tersangka lainnya terlibat dalam pokok perkara, termasuk beberapa nama penting dalam perusahaan-perusahaan terkait perdagangan timah ilegal.

Daftar tersangka yang telah ditetapkan oleh Kejagung mencakup sejumlah nama, termasuk Harvey Moeis yang merupakan perpanjangan tangan dari PT RBT, perusahaan yang disebut terkait dengan aliran dana ilegal tersebut.

Kasus ini menunjukkan komitmen Kejagung dalam memberantas korupsi dan tindak pidana terkait perdagangan ilegal sumber daya alam, yang secara langsung merugikan negara dan masyarakat. Proses penyidikan yang terus berlangsung diharapkan dapat membawa keadilan bagi semua pihak yang terkena dampak dari kegiatan ilegal tersebut.

Dengan proses verifikasi keaslian barang-barang bukti yang ditemukan, diharapkan Kejagung dapat mengungkap fakta-fakta yang lebih dalam terkait dengan kasus ini dan memastikan bahwa proses hukum berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (Sumber: Detik, Editor: KBO-Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *