Forkopimda Beltim Memperkuat Kerjasama Demi Ketersediaan Stok Pangan Menjelang Idul Fitri

Foto: Pemkab Beltim, Forkopimda, dan Pihak Swasta Bekerja Sama Penuhi Kebutuhan Pangan Jelang Lebaran

Forkopimda dan Swasta Bersatu Demi Stabilitas Pangan di Beltim: Antisipasi Jelang Idul Fitri

KBO-BABEL.COM (Belitung Timur) – Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2024, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sektor swasta telah mengintensifkan kerjasama mereka untuk memastikan ketersediaan dan kebutuhan pangan di wilayah tersebut terpenuhi. Upaya ini menjadi sangat penting mengingat kebutuhan masyarakat yang biasanya meningkat menjelang perayaan Idul Fitri. Selasa (2/4/2024)

Menurut Kapolres Beltim, AKBP Arif Kurniatan, tim Satgas Pangan Kepolisian telah dikerahkan untuk terus mengawasi dan memonitor ketersediaan serta distribusi bahan pokok di Kabupaten Beltim.

Bacaan Lainnya

“Kita ada tim Satgas Pangan Kepolisian yang terus mengawasi dan memonitor ketersediaan dan distribusi bahan pokok. Satgas Pangan ini gunanya untuk sama-sama menjaga kestabilan stok dan harga apabila ada kekurangan stok, seperti beras atau daging sapi,” ungkapnya dalam acara apel siaga Hari Kesiapan Bela Negara (HKBN) yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024.

Arif Kurniatan menegaskan pentingnya koordinasi di semua tingkatan dan lembaga untuk memastikan pergerakan harga serta stabilitas jaminan stok pangan agar dapat dikendalikan.

“Harapan kami kebutuhan masyarakat jelang Idul Fitri terpenuhi. Kita perlu antisipasi adanya spekulan memanfaatkan moment yang menimbun sembako untuk mendapatkan keuntungan besar. Makanya kita minta semua saling mengawasi,,” tambahnya.

Pendekatan serupa juga diungkapkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Beltim, Rita Susanti. Rita menjelaskan bahwa Forkopimda terus berkolaborasi dalam mengendalikan harga bahan pokok, serta memantau ketersediaan pangan dan bahan pokok dasar masyarakat Beltim menjelang Idul Fitri.

“Adanya operasi pasar murah menjadi salah satu upaya untuk menekan inflasi di Beltim. Kami dari forkopimda akan terus memantau harga pasar dan keadaan di Beltim agar aman terkendali,” ujarnya kepada Diskominfo SP Beltim.

Lebih lanjut, upaya-upaya konkret telah dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pangan. Operasi pasar murah menjadi salah satu strategi yang diterapkan untuk memastikan harga-harga tetap terjangkau bagi masyarakat.

Selain itu, pendekatan pengawasan dan pemantauan terus dilakukan guna mencegah terjadinya kelangkaan pangan atau penimbunan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan kerjasama yang erat antara pemerintah daerah, kepolisian, kejaksaan, dan sektor swasta, diharapkan bahwa masyarakat Kabupaten Beltim dapat menjalani Idul Fitri dengan tenteram dan sejahtera, tanpa perlu khawatir akan ketersediaan pangan dan lonjakan harga yang tidak terkendali. (Redaksi, KBO-Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *