Pemkab Bangka Barat Bersiap Sambut Musim Mudik dengan Fasilitas Baru di Pelabuhan Tanjung Kalian

Foto: Pemkab Bangka Barat Siapkan Sejumlah Fasum Bagi Pemudik di Pelabuhan Tanjung Kalian

Pemkab Bangka Barat Siapkan Fasilitas Terbaru untuk Pemudik di Pelabuhan Tanjung Kalian

KBO-BABEL.COM (Bangka Barat) – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah mengumumkan persiapan terbaru mereka untuk menyambut para pemudik yang akan melewati Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok. Dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan dan mengurai kemacetan yang mungkin terjadi, Pemkab Bangka Barat telah menyiapkan sejumlah fasilitas umum yang terletak di sekitar pelabuhan tersebut. Senin (1/4/2024)

Salah satu inisiatif utama yang diumumkan adalah pembuatan area Buffer Zone atau kantong parkir di dekat Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok.

Bacaan Lainnya

Tujuan dari Buffer Zone ini adalah untuk membantu mengalihkan dan mengatur antrean kendaraan yang diperkirakan akan memadati area pelabuhan selama musim mudik.

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, bersama instansi terkait telah meninjau langsung area Buffer Zone yang terletak di kawasan Pantai Batu Rakit Mentok pada Kamis (28/3/2024).

Menurut Bong Ming Ming, para pemudik yang belum memiliki tiket akan diarahkan untuk memanfaatkan Buffer Zone pertama di Batu Rakit.

Setelah itu, mereka akan dialihkan ke Buffer Zone kedua sebelum diperbolehkan masuk ke area pelabuhan utama. Harapannya, dengan adanya pengalihan ini, kemacetan yang sering terjadi di tahun-tahun sebelumnya dapat dihindari.

Selain area parkir tambahan, Pemkab Bangka Barat juga akan menyediakan beberapa fasilitas umum lainnya untuk kenyamanan para pemudik.

Mulai dari dapur umum hingga hiburan akan disiapkan untuk memastikan para pemudik dapat beristirahat dan melakukan aktivitas dengan nyaman. Selain itu, Pemerintah Provinsi juga akan turut menyediakan fasilitas WC portabel untuk memenuhi kebutuhan sanitasi.

“Kita fasilitasi para pemudik mulai dari tempat istirahat, memudahkan aktivitas seperti ibu menyusui. Dari Pemerintah Provinsi ada menyiapkan WC portabel dan dapur umum,” ungkap Bong Ming Ming.

Dengan adanya persiapan fasilitas terbaru ini, diharapkan bahwa proses mudik melalui Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok akan menjadi lebih lancar dan nyaman bagi para pemudik.

Upaya kolaboratif antara Pemerintah Kabupaten dan Provinsi ini menunjukkan komitmen mereka dalam meningkatkan pelayanan publik dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi masyarakat yang melakukan perjalanan selama musim mudik. (Redaksi, KBO-Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *