Didit Srigusjaya Siap Mengemban Amanah sebagai Ketua DPRD Babel Berdasarkan SK DPP PDI-P

Foto : Didit Srigusjaya (PDI-P)

PDI-P Menegaskan Mekanisme Internal Penentuan Ketua DPRD Babel: Didit Srigusjaya Siap Jalani Mandat

KBOBABEL.COM (Pangkalpinang) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Bangka Belitung (Babel) menegaskan bahwa penentuan Ketua DPRD Babel dari partainya tidak berdasarkan siapa kader atau caleg yang mendapatkan suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif tahun 2024. Kamis (29/2/2024).

Ketua DPD PDI-P Bangka Belitung, Didit Srigusjaya, menjelaskan bahwa penentuan tersebut didasarkan pada jabatan di partai dan telah ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P.

Bacaan Lainnya

“Artinya ketua, sekretaris, dan bendahara, itu merupakan wewenang mereka. Di SK DPP, yang diutamakan ketua, jika ketua tidak maka sekretaris, jika sekretaris tidak ada ya bendahara,” kata Didit pada Rabu (27/2/2024).

Didit menjelaskan bahwa mekanisme internal partai menetapkan siapa kader yang akan menduduki jabatan Ketua DPRD Babel dari PDI-P.

Ketentuan ini berlaku untuk seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P di seluruh Indonesia.

Kader yang akan menjadi pimpinan dewan diprioritaskan kepada pejabat internal, mulai dari ketua hingga bendahara partai.

Meskipun demikian, Didit Srigusjaya juga memperoleh dukungan yang signifikan dari masyarakat. Berdasarkan perhitungan internal pihaknya, Didit mengklaim telah memperoleh suara pribadi sebanyak 14.630 dari pleno di empat kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah.

“Pertama saya mengucapkan Alhamdulillah, terimakasih atas izin Allah yang telah menggerakkan hati masyarakat Bangka Tengah bahwa masih memberi suara terbanyak kepada saya,” ujarnya.

Didit mengaku bahwa perolehan suaranya yang cukup besar di luar prediksinya, mengingat posisinya yang sempat tidak menjabat lagi sebagai Ketua DPRD Babel dan tidak memiliki jabatan apa pun.

Namun, ia menilai hal ini sebagai respons positif dari masyarakat yang masih percaya akan kemampuannya sebagai wakil rakyat.

Jika Didit Srigusjaya dipercaya oleh PDI-P untuk mengisi jabatan Ketua DPRD Babel, ia menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan mandat dari partai tersebut.

Pengalamannya sebagai mantan Ketua DPRD Bangka Tengah dan mantan Ketua DPRD Babel diyakini menjadi modal berharga dalam menjalankan tugas tersebut.

Di samping itu, Didit Srigusjaya juga mengungkapkan hasil perhitungan internal PDI-P bahwa pada Pemilu Legislatif DPRD Babel tahun 2024, terjadi penurunan kursi pada partainya.

PDI-P yang sebelumnya memiliki 10 kursi, kini hanya memiliki 9 kursi setelah satu kursi dari dapil Bangka Selatan hilang.

“Jadi kita masih unggul berdasarkan kursi, PDI-P 9 kursi, Golkar 8 kursi, Gerindra 7 kursi dan pimpinan selanjutnya kemungkinan Nasdem. Kemungkinan, tapi kita nunggu putusan pleno KPU,” ungkapnya.

Dengan mekanisme internal yang telah ditetapkan dan dukungan yang diterimanya dari masyarakat, Didit Srigusjaya siap menjalani peran baru sebagai Ketua DPRD Babel jika dipercayakan oleh partainya. (Sumber : Bangka Pos, Editor : KBO Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *