Bupati Bangka Barat Paparkan RDTR Kota Mentok di Kementerian ATR/BPN untuk Pembangunan yang Lebih Terarah

Foto : Bupati Sukirman (Kab Bangka Barat) mempresentasikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk kawasan Kota Mentok di Kementerian ATR/BPN

Kabupaten Bangka Barat Siap Majukan Kota Mentok dengan Persetujuan Substansi RDTR

KBOBABEL.COM (Jakarta) – Bupati Sukirman dari Kabupaten Bangka Barat telah mempresentasikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk kawasan Kota Mentok di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Jakarta pada hari Senin (19/02). Jumat (23/2/2024).

Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Direktur Jenderal Tata Ruang dan DJirektur Bina Perencanaan Tata Ruang Wilayah I dari Kementerian tersebut.

Bacaan Lainnya

Dalam presentasinya, Bupati Sukirman didampingi oleh Sekretaris Daerah dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Foto : Bupati Sukirman (Kab Bangka Barat) mempresentasikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk kawasan Kota Mentok di Kementerian ATR/BPN

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mendapatkan masukan dari pihak Kementerian/Lembaga terkait guna menyinkronkan kebijakan strategis antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta memastikan bahwa pembangunan di Bangka Barat berjalan sesuai dengan norma-norma dan aturan tata ruang yang berlaku.

Menurut Bupati Sukirman, persetujuan substansi RDTR Kota Mentok akan mempermudah pelaksanaan kegiatan pembangunan di daerah tersebut.

RDTR tersebut meliputi berbagai sektor seperti permukiman, perkantoran, fasilitas umum, fasilitas sosial, serta fasilitas perdagangan dan jasa.

Persetujuan ini dianggap sangat penting mengingat Kota Mentok sedang mengalami perkembangan yang pesat, dan Pemerintah Daerah ingin memastikan bahwa pembangunan berjalan lebih baik dan terarah.

Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Wilayah I dari Kementerian ATR/BPN, Pelopor, mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam menyelesaikan RDTR Kota Mentok dengan cepat.

Foto : Bupati Sukirman (Kab Bangka Barat) mempresentasikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk kawasan Kota Mentok di Kementerian ATR/BPN

Ia menjelaskan bahwa Kabupaten Bangka Barat termasuk di antara yang terdepan dalam perencanaan tata ruang, dengan menggunakan anggaran dari APBD sendiri.

Lebih lanjut, Pelopor menegaskan bahwa tujuan utama dari penyusunan RDTR ini adalah untuk memastikan bahwa siapapun yang akan melakukan aktivitas di wilayah perencanaan tersebut memiliki pemahaman yang jelas.

Hal ini akan memudahkan individu maupun badan hukum, baik itu publik maupun privat, dalam melakukan kegiatan pembangunan di Kota Mentok.

Dengan demikian, navigasi di era sekarang akan lebih terarah, dan proses pembangunan dapat berlangsung lebih efisien.

Pertemuan ini diakhiri dengan harapan bahwa persetujuan substansi RDTR dan bantuan teknis selanjutnya dapat segera dilaksanakan untuk mendukung pembangunan yang lebih baik di Kota Mentok, Bangka Barat. (Penulis : Zulfikar/KBO Babel, Editor : Adinda)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *