KPU Umumkan Jadwal Pengumuman Hasil Pemilu 2024: Proses Rekapitulasi Dimulai 35 Hari Pasca-Pencoblosan

Foto : Ilustrasi surat suara pemilihan umum 2024

Pengumuman Hasil Pemilu 2024: KPU RI Siapkan Rekapitulasi Suara Mulai 15 Februari

KBOBABEL.COM (Jakarta) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah mengumumkan jadwal resmi pengumuman hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Menurut Komisioner KPU RI, Idham Holik, proses rekapitulasi suara akan dimulai 35 hari setelah tanggal pemungutan suara. Kamis (15/2/2024).

Hal ini sejalan dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022. 

Bacaan Lainnya

Proses rekapitulasi suara akan dimulai sehari setelah pemungutan suara, atau tepatnya pada tanggal 15 Februari 2024. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan bertanggung jawab atas proses ini, yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga tingkat nasional.

KPU RI berencana untuk mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara pada tanggal 20 Maret 2024.

Idham Holik juga menekankan pentingnya mematuhi Undang-Undang Pemilu dalam proses ini.

“UU Pemilu memerintahkan kepada KPU melakukan rekapitulasi secara berjenjang pascapenghitungan suara di TPS,” ujarnya. Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) akan digunakan sebagai alat bantu keterbukaan informasi publik, dengan menampilkan data formulir C-Hasil Plano setiap TPS.

Seluruh proses rekapitulasi suara ini bertujuan untuk memastikan bahwa hasil penghitungan suara yang sah didasarkan pada rekapitulasi berjenjang dengan penandatanganan berita acara pada setiap tingkatan.

KPU RI juga menegaskan bahwa “Quick Count” bukanlah hasil resmi Pemilu, dan bahwa hasil resmi akan diumumkan setelah proses rekapitulasi selesai.

Dengan demikian, pengumuman hasil Pemilu 2024 dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 20 Maret 2024. Para pemilih dan pihak terkait diharapkan untuk memahami dan mengikuti proses ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku, guna menjaga keadilan dan kepercayaan dalam pelaksanaan Pemilu 2024. (Sumber : Kompas News, Editor : KBO Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *