Kabupaten Belitung Timur Raih Prestasi Gemilang, Pendidikan Berkualitas dan Keterbukaan Informasi Terdepan

Sukses Besar Belitung Timur (Beltim) : Peringkat 1 Keterbukaan Informasi dan Realisasi Anggaran Program ‘Yuk Sekula’

KBO-BABEL.COM (Bangka Belitung) – Kabupaten Belitung Timur (Beltim) meraih prestasi gemilang pada tahun 2023, terutama dalam bidang keterbukaan informasi publik dan pendidikan. Bupati Beltim, Drs. Burhanudin, dengan bangga mengumumkan berbagai penghargaan yang diterima Kabupaten Beltim dalam bidang komunikasi dan informatika, yang menunjukkan komitmen dan dedikasi pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya, Minggu (18/1/2024).

Salah satu prestasi gemilang yang diraih adalah peringkat pertama dalam kategori keterbukaan informasi publik tingkat provinsi Kepulauan Bangka Belitung oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bacaan Lainnya

Ini menunjukkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah daerah dalam menyediakan akses informasi kepada publik, sebuah langkah penting menuju pemerintahan yang lebih terbuka dan bertanggung jawab.

Selain itu, Kabupaten Beltim juga menerima penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kepulauan Bangka Belitung, sebagai pengakuan atas komitmen dalam penyiaraan dan penyiaran informasi kepada masyarakat.

Penghargaan ini menjadi bukti bahwa pemerintah daerah telah berhasil menciptakan lingkungan media yang sehat dan berkontribusi positif terhadap pembangunan masyarakat.

Bupati Burhanudin juga mengungkapkan keberhasilan Kabupaten Beltim dalam elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, yang diukur melalui Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD).

Dengan skor tertinggi se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Beltim berhasil mencapai nilai 99,396 persen, menunjukkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan keuangan daerah melalui teknologi informasi.

Foto : Suasana rapat di DPRD Belitung Timur

Selanjutnya, Bupati Burhanudin menyampaikan capaian dan progress program unggulan Kabupaten Beltim, terutama program “Yuk Sekula”.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan derajat pendidikan masyarakat, dengan fokus pada peningkatan akses dan mutu pendidikan di daerah tersebut.

Dengan anggaran yang besar, program “Yuk Sekula” berhasil mencapai realisasi anggaran sebesar Rp. 75.535.293.426, atau 93,384 persen dari total anggaran.

Keberhasilan ini merupakan cerminan dari komitmen pemerintah daerah dalam memberikan akses pendidikan yang merata dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Kabupaten Beltim.

Program-program ini juga menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui investasi dalam bidang pendidikan.

Dengan capaian gemilang ini, Kabupaten Belitung Timur terus mengukuhkan posisinya sebagai salah satu daerah yang progresif dan berdaya saing tinggi di Indonesia.

Dukungan dan partisipasi aktif masyarakat serta komitmen pemerintah daerah yang kuat menjadi kunci kesuksesan dalam mencapai visi dan misi pembangunan yang lebih baik untuk masa depan yang lebih cerah bagi seluruh warga Beltim.. (Penulis : Okta, Editor : Dwi Frasetio)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *