Jusuf Kalla (JK) resmi menyatakan dukungannya ke pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1

Jusuf Kalla Resmi Dukung Anies-Imin di Pilpres 2024

KBO – BABEL.COM ( Makassar ) –  Pak JK harus diakui sebagai tokoh yang punya kiprah di bidang politik dan ekonomi menasional pastinya memiliki pengaruh kuat secara elektoral di Sulsel bahkan di kawasan timur Indonesia,” ujar Pengamat Politik asal Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Lukman Irwan kepada detikSulsel, Rabu (20/12/2023).

Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) resmi menyatakan dukungannya ke pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Keputusan JK tersebut dinilai punya dampak elektoral di kawasan Indonesia timur khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Bacaan Lainnya

Sekretaris Departemen Ilmu Pemerintahan FISIP Unhas ini menyebut dua kekuatan elite besar akan bertarung di Indonesia bagian timur, yakni Andi Amran Sulaiman dan JK. Jika JK berada di gerbong AMIN, maka Andi Amran direpresentasikan berada di gerbong Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Andi Amran yang indikasi politiknya ada di gerbong Prabowo-Gibran bisa menjadi kekuatan penyeimbang sehingga suara pemilih di kawasan timur khususnya Sulsel memungkinkan akan terbelah pada 2 poros kekuatan ini,” jelasnya.

Di sisi lain, kata Lukman, pemilih otonom tidak dapat dianggap remeh. Hal ini mempertimbangkan kuatnya arus informasi dan daya jangkau media ke pelosok.

“Akan menjadikan pemilih kita semakin otonom dan mandiri dalam menentukan kriteria pemimpin yang akan dipilihnya sehingga dalam posisi ini suara elit hanya akan menjadi preferensi tambahan saja bagi pemilih dan bukan lagi menjadi preferensi yang utama,” kata Lukman.

Lukman menuturkan, dalam kontestasi Pilpres pemilih akan lebih condong dengan perspektif pribadi. Menurutnya, kekuatan personal dari kandidat yang berkontestasi tetap menjadi penentu utama.

“Yang harus dipahami bahwa dalam kontestasi Pilpres maka pemilih akan lebih condong memilih dengan preferensi bagaimana personal dari calon yang berkontestasi,” ujarnya.
.*Sumber:DetikNews.com:Editor:Kbobabel.com

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *