Bangka Belitung Kuasai Puncak: Juara Umum Porwil Sumatera XI Riau dengan 50 Medali Emas

Foto :  Atletik Bangka Belitung

KBO-BABEL.COM (Pangkalpinang) – Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh kontingen Bangka Belitung dalam ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI Riau. Cabang olahraga (cabor) Atletik yang dinaungi Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bangka Belitung meraih posisi juara umum dengan torehan 50 medali, terdiri dari 27 emas, 15 perak, dan 8 perunggu. Jumat (10/11/2023).

 

Keberhasilan ini semakin istimewa dengan perolehan medali emas perdana untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diraih oleh Robi Syianturi dalam nomor lari 10.000 putra. Ketua Koni Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ricky Kurniawan, menyampaikan rasa terima kasih kepada para atlet, pelatih, dan pengurus cabor yang telah berjuang keras untuk meraih prestasi tersebut.

 

“Terima kasih kepada para atlet, pelatih, dan Pengprov PASI Bangka Belitung atas hasil yang luar biasa di Porwil XI Riau tahun 2023 ini. Kalian luar biasa,” ungkap Ricky Kurniawan, menekankan apresiasinya terhadap pencapaian luar biasa cabor Atletik yang berhasil keluar sebagai juara umum.

 

Ricky Kurniawan juga menyoroti bahwa raihan medali cabor Atletik menyumbang sekitar 53 persen dari total medali dalam nomor pertandingan Atletik. Dengan perolehan medali sebanyak ini, Provinsi Bangka Belitung berhasil mengungguli tuan rumah, Provinsi Riau, dalam klasemen sementara Porwil Sumatera XI Riau.

 

“Sekali lagi terima kasih, kami Provinsi Bangka Belitung bangga kepada para atlet yang telah berjuang. Terima kasih banyak kepada masyarakat Bangka Belitung atas support dan doanya,” tambahnya.

 

Dengan perolehan 31 medali emas, 20 perak, dan 23 perunggu, Bangka Belitung berhasil menyalip posisi puncak klasemen dari tuan rumah Riau yang mendapatkan 29 medali emas, 15 perak, dan 28 perunggu. Ricky Kurniawan berharap adanya konsistensi dalam meraih medali emas untuk mempertahankan posisi terdepan.

 

“Ini merupakan ketiga kalinya kita sempat memimpin, semoga perolehan medali akan terus bertambah untuk Bangka Belitung. Semoga kita bisa maksimal, serta semoga bisa terus mempertahankan ini,” ungkap Ricky Kurniawan.

 

Porwil Sumatera XI 2023 berlangsung di Provinsi Riau selama 10 hari, dari 5 hingga 14 November 2023. Selain Atletik, cabang olahraga lain yang dipertandingkan meliputi Sepak Bola, Renang, Wushu, Voli, Takraw, E-sport, dan Catur.

 

Berikut ini peringkat lima besar klasemen sementara Porwil Sumatera XI, yang diperbarui pada Kamis, 9 November 2023, pukul 11.00 WIB:

 

Klasemen Sementara:

  1. Bangka Belitung: 31 Emas / 20 Perak / 23 Perunggu
  2. Riau: 29 Emas / 15 Perak / 28 Perunggu
  3. Sumatera Barat: 17 Emas / 29 Perak / 18 Perunggu
  4. Sumatera Selatan: 11 Emas / 25 Perak / 9 Perunggu
  5. Lampung: 10 Emas / 8 Perak / 14 Perunggu

 

Dengan pencapaian gemilang ini, Bangka Belitung membuktikan diri sebagai kekuatan olahraga di tingkat regional dan meninggalkan jejak prestasi yang membanggakan dalam sejarah Porwil Sumatera XI Riau. (Penulis : M Taufik, Editor : Akhirlulia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *