Momentum Peningkatan Keterbukaan Informasi Publik: Kota Pangkalpinang Menerima Tim Visitasi dari KI Babel

KBO-BABEL.COM – Pangkalpinang – Kota Pangkalpinang terus menjadi perhatian khusus dalam upaya meningkatkan keterbukaan informasi publik. Hal ini terungkap dalam hasil pertemuan yang berlangsung di Gedung Walikota Pangkalpinang, di mana Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Suryo Kusbandoro, dan Tim PPID Utama Kota Pangkalpinang berkumpul untuk membahas perkembangan terbaru dalam pelaksanaan keterbukaan informasi. Kamis (19/10/2023).

Pertemuan tersebut dimulai dengan sambutan Suryo Kusbandoro, yang menyambut baik kehadiran Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibu Ita Rosita, yang didampingi Rikky Fermana Wakil Ketua, anggota komisioner KI Babel Martono, Fahriani dan sejumlah stafnya.

Bacaan Lainnya

Suryo mengungkapkan bahwa pertemuan tersebut dimaksudkan untuk membahas maksud dan tujuan dari kunjungan visitasi yang dilakukan oleh KI Babel di Kota Pangkalpinang. Visitasi ini merupakan salah satu tahapan dalam proses pemantauan (monev) terhadap Badan Publik.

Ita Rosita, Ketua KI Babel menjelaskan bahwa visitasi adalah tahapan yang dilakukan dalam rangka pemantauan (monev) yang telah sebelumnya disosialisasikan kepada lima kategori Badan Publik. Tahapan visitasi bertujuan untuk memeriksa kondisi sebenarnya di lapangan, yang sesuai dengan kuesioner yang telah diisi sebelumnya oleh Badan Publik terkait. Kuesioner tersebut telah mengalami verifikasi awal oleh Tim Monev KI Babel, dan visitasi menjadi langkah berikutnya untuk lebih mendalam memahami apa yang telah dilaporkan dalam kuesioner tersebut.

Salah satu poin penting dalam pertemuan ini adalah harapan Ketua KI Babel untuk kehadiran Bapak Walikota dalam tahapan selanjutnya, yaitu uji publik. Dalam tahapan ini, kepala daerah berperan sebagai pembina dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik di daerahnya. Mereka diharapkan dapat mempresentasikan hasil dan pelaksanaan keterbukaan informasi publik yang telah berjalan di wilayah mereka.

Dalam perkembangan positif, tahun ini uji publik dilakukan terhadap kepala daerah, termasuk Bupati/Walikota, Kepala Dinas, dan Kepala Badan Publik di lima kategori Badan Publik yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ketua KI Babel juga mengharapkan dukungan yang kuat terhadap PPID Utama dalam hal anggaran, SDM, serta sarana prasarana. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi yang diakses oleh masyarakat dan memastikan bahwa keterbukaan informasi publik di Kota Pangkalpinang berjalan dengan baik.

Selain itu, ditekankan pentingnya integrasi data hingga tingkat kelurahan agar masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan. Ini menunjukkan sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh Walikota Pangkalpinang dalam PPID Utama untuk menjalankan keterbukaan informasi di Kota Pangkalpinang.

Bapak Suryo Kusbandoro mengakhiri pertemuan dengan ucapan terima kasih atas upaya dalam meningkatkan keterbukaan informasi di Kota Pangkalpinang. Dia juga mengingatkan prestasi kota tersebut dalam bidang keterbukaan informasi publik di tahun 2022, ketika Kota Pangkalpinang meraih penghargaan dari KI Pusat. Dia menyatakan dukungan penuh Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik, baik dari segi anggaran, SDM, maupun sarana prasarana.

Proses visitasi, yang akan berlangsung dengan didampingi oleh Tim PPID Utama Kota Pangkalpinang, diharapkan dapat berjalan lancar. Ini adalah langkah penting dalam menjaga kualitas dan transparansi dalam menyediakan informasi publik di Kota Pangkalpinang. Pemerintah Kota Pangkalpinang berkomitmen untuk terus maju dan memberikan manfaat positif bagi Badan Publik dan masyarakat dalam menjalankan keterbukaan informasi publik di wilayah tersebut. (Sumber : KI Babel, Editor : KBO Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *