Kunjungan Monev KI BABEL ke Desa Sekar Biru: Menuju Desa Transparan yang Siap Bertarung di Monev KIP Tahun 2023

KBO-BABEL.COM – Bangka Barat – Komisi Informasi (KI) Provinsi Bangka Belitung (BABEL) terus memperkuat komitmennya untuk memastikan keterbukaan informasi publik (KIP) yang transparan dan mudah diakses di seluruh daerah. Dalam kunjungan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2023, tim KI BABEL yang dipimpin oleh Ketua Ita Rosita secara langsung melakukan visitasi ke Desa Sekar Biru, Kabupaten Bangka Barat. Momen ini menjadi tonggak penting dalam upaya pemerintah daerah untuk memperkuat tata kelola informasi publik di tingkat desa. Senin (16/10/2023).

Dalam sambutannya, Ketua KI BABEL Ita Rosita menegaskan pentingnya langkah-langkah progresif yang diambil oleh Desa Sekar Biru dalam memperbaiki dan memperkuat Penyelenggaraan Pengelolaan Informasi Publik (PPID) desa mereka. Ia juga memberikan apresiasi yang tinggi atas upaya Desa Sekar Biru dalam memanfaatkan teknologi digital, dengan menggalakkan penggunaan website dan aplikasi desa. Visi besar KI BABEL adalah melihat Desa Sekar Biru meraih prestasi gemilang pada Apresiasi Desa tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Kepala Desa Munarfazah menyatakan dukungannya terhadap inisiatif KI BABEL, menggarisbawahi peran penting kunjungan Monev dalam mendorong perbaikan dan transparansi informasi publik di Desa Sekar Biru. Ia mengungkapkan harapannya terhadap arahan dan panduan yang terus-menerus diberikan oleh KI BABEL, terutama dalam persiapan Desa Sekar Biru untuk mengikuti Kegiatan Apresiasi Desa pada tahun mendatang.

Desa Sekar Biru, melalui perwakilan Kades Munarfazah, menegaskan komitmennya untuk terus berbenah dan mengintegrasikan masukan yang diberikan oleh tim KI BABEL selama kunjungan Monev. Mereka siap untuk menerima saran dan rekomendasi guna memperkuat layanan dan transparansi informasi di tingkat desa.

Dengan harapan bahwa kunjungan ini akan menjadi pendorong bagi perubahan yang lebih besar di seluruh provinsi, langkah-langkah konkret yang diambil oleh Desa Sekar Biru menunjukkan arah yang positif menuju transparansi yang lebih besar dalam tata kelola informasi publik. Melalui kerjasama antara KI BABEL, pemerintah daerah, dan partisipasi aktif masyarakat, terbuka kemungkinan bahwa Bangka Belitung akan menjadi contoh terdepan dalam penerapan prinsip keterbukaan informasi publik yang tanggap dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. (Sumber : KI Babel, Editor : KBO Babel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *