Tim Monev 2023 KI Babel Lakukan Visitasi Ke Tiga Desa Kabupaten Belitung Timur

KBO-BABEL.COM, Beltim – Setelah usai melakukan visitasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) di Pemerintahan Kabupaten Belitung Timur (Pemkab Beltim) khususnya ke Pejabat Pengelola Informasi & Dokumentasi (PPID) Kab Beltim.

Ada 3 desa di Kabupaten Belitung Timur yakni desa Baru, desa Selingsing dan Simpang Tiga yang di visitasi oleh Tim Monev 2023 Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KI Babel).

Bacaan Lainnya

Kedatangan Komisioner KI Babel ke tiga desa tersebut dalam melakukan visitasi pengecekan atau pengkoreksian atas questioner/pertanyaan atas keikutsertaan badan publik desa yang direkomendasikan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dalam ajang Pemeringkatan badan publik terhadap kepatuhan undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) KI Babel terdiri Komisioner : Ketua KI Babel Ita Rosita, Wakil Ketua KI Babel Rikky Fermana, Martono dan Fahriani serta didampingi sejumlah staf.

Ita Rosita Ketua KI Babel, dalam sambutannya dihadapan Kepala Desa Selinsing dan Simpang Tiga Kabupaten Belitung Timur menyampaikan bahwa kegiatan visitasi ini untuk mengkoreksi sejumlah questioner yang sudah disampaikan kepada desa dalam keikutsertaan badan publik desa di ajang pemeringkatan KIP Tahun 2023.

“Di tahun 2023 ini untuk pertama kali KI Babel melakukan Monev kepada badan desa, yang nantinya kita masukkan dalam pemeringkatan Badan Publik Desa yang patut kepada undang-undang Keterbukaan Informasi Publik,”ujar Ita dalam sambutannya, Rabu (4/10/2023).

Disampaikannya, kendati baru 3 bulan berjalan kegiatan visitasi yang dilakukan oleh Tim Monev KI Babel kepada ketiga desa di Pemkab Beltim sudah dapat memahami dan mengerti mengimplementasikan amanah undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Ditempat yang sama, Kades Selinsing Hariyanto mengucapkan aspirasi atas kedatangan tim Monev KI Babel untuk melakukan visitasi pemeriksaan atas Self Assessment Questionnaire (SAQ) yang sudah disampaikan ke PPID utama.

“Terimakasih kehadiran bapak ibu Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kami mohon arahan dan bimbingannya agar ke depannya desa kami lebih baik lagi dalam mengimplementasikan Keterbukaan Informasi Publik menuju Tata Kelola pemerintahan desa yang baik dan benar, serta bermanfaat bagi masyarakat desa kami.”ujar Kades Hariyanto. (*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *