CPNS 2023: Simak Panduan Cek Formasi Sebelum Daftar

Babel – Pada tahun ini, kesempatan untuk bergabung sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali dibuka. Lowongan CPNS hanya tersedia untuk instansi pemerintah pusat dengan jumlah formasi yang mencapai 28.903. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa formasi yang tersedia sesuai dengan minat dan kualifikasi Anda. Bagaimana caranya? Berikut panduan langkah demi langkah:

Langkah 1: Buka laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) melalui tautan berikut: [https://sscasn.bkn.go.id](https://sscasn.bkn.go.id).

Bacaan Lainnya

Langkah 2: Setelah Anda berada di laman SSCASN, cari dan klik menu “Info Lowongan.”

Langkah 3: Di halaman Info Lowongan, pilih “Jenis Pengadaan” dan pilih “CPNS.”

Langkah 4: Selanjutnya, masukkan nama instansi yang Anda minati dalam kolom yang tersedia.

Langkah 5: Lanjutkan dengan memasukkan tingkat pendidikan Anda, yang bisa sesuai dengan lulusan terakhir Anda.

Langkah 6: Untuk mempersempit hasil pencarian, masukkan juga jurusan pendidikan Anda.

Langkah 7: Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, klik tombol “Cari.”

Langkah 8: Hasil pencarian akan menampilkan formasi CPNS yang tersedia sesuai dengan instansi dan jurusan pendidikan Anda.

Selamat, Anda telah berhasil mengecek formasi CPNS 2023 yang sesuai dengan minat dan kualifikasi Anda melalui laman SSCASN. Namun, jangan lupa bahwa selain SSCASN, Anda juga dapat mengecek informasi formasi CPNS dan PPPK 2023 melalui laman resmi masing-masing kementerian/lembaga.

Untuk diketahui, pendaftaran seleksi CPNS tahun ini dijadwalkan berlangsung dari tanggal 17 September hingga 6 Oktober mendatang. Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui laman [https://sscasn.bkn.go.id](https://sscasn.bkn.go.id), di mana seluruh pelamar wajib membuat akun baru SSCASN, termasuk bagi pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi CPNS sebelumnya.

Untuk persyaratan atau kualifikasi setiap posisi jabatan yang dibuka, pelamar dapat mengakses informasi tersebut melalui laman instansi masing-masing atau portal ASN Karier. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menambahkan fitur baru, termasuk portal ASN Karier yang memberikan informasi detail mengenai uraian tugas, persyaratan umum dan khusus, serta gaji yang akan diperoleh dari jabatan tersebut.

Semoga panduan ini membantu Anda untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam mendaftar sebagai CPNS pada tahun 2023. Selamat mengikuti seleksi dan semoga sukses! (KBO Babel/M.Taufik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *